Polusi Udara jadi Momok Menakutkan, Ini yang Ditawarkan Samsung

Produk Samsung Air Purifier.
Sumber :
  • Samsung

VIVA Tekno – Akhir-akhir ini, polusi udara di perkotaan menjadi momok yang mengkhawatirkan. Misalnya saja DKI Jakarta, pada pekan pertama September, indeks kualitas udaranya berada dalam posisi 153-163 alias tidak sehat, berdasarkan data IQAir.

Samsung Experience Lounge Hadir di Jakarta, Semua Serba Pakai AI

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), polusi udara adalah kontaminasi lingkungan di dalam maupun di luar ruangan yang bersumber sisa pembakaran rumah tangga, kendaraan bermotor, fasilitas industri dan kebakaran hutan.

WHO menyarankan masyarakat yang tinggal di kawasan dengan tingkat polusi udara yang sangat tinggi, untuk menggunakan masker dan air purifier.

Ini 3 Fitur Favorit Pengguna Galaxy AI

Untuk mengatasi masalah polusi udara itu sendiri, pemerintah telah menganjurkan masyarakat beralih dari transportasi pribadi ke transportasi umum seperti bus, KRL, MRT, LRT, dan sebagainya sebagai salah satu solusi.

Bandara Samrat Ditutup Sementara Akibat Gunung Ruang Kembali Erupsi

Samsung Air Purifier AX60R.

Photo :
  • Samsung

Solusi lain bisa dengan menggunakan air purifier. Sebagai perusahaan yang peduli dengan kesehatan dan kenyamanan konsumen, Samsung memiliki pilihan air purifier inovatif sebagai real life solution bagi konsumen di Indonesia.

Studi yang pernah dilakukan universitas ternama di AS yang didukung oleh Samsung, menunjukkan bahwa air purifier terbukti efektif dalam mengurangi konsentrasi tingkat partikulat (PM) di dalam ruangan.

“Di tengah tingginya polusi udara di perkotaan saat ini, Samsung menghadirkan solusi air purifier canggih yang memiliki sensor untuk mendeteksi polutan dan menampilkan kondisi udara secara real time," Head of Home Appliances Product Marketing Samsung Electronics Indonesia Purnomo Mokale, dalam siaran pers, Selasa, 12 September 2023.

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini mengklaim mampu menyaring 99,97 persen debu halus berukuran 0.3㎛ dan bakteri, serta bisa disesuaikan dengan smartphone melalui aplikasi SmartThings.

"Benar-benar real life solution yang dibutuhkan oleh konsumen untuk menghadirkan udara lebih bersih dan meningkatkan kualitas hidup mereka,” lanjutnya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi produk Samsung Air Purifier yang bisa dipilih masyarakat:

Samsung Air Purifier AX34R

Polusi Udara di Jakarta.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ini bisa dimanfaatkan untuk ruangan dengan luas sampai 34m persegi untuk menghilangkan bau dari udara menggunakan sistem pemurnian 3 langkah yang dapat menyaring partikel debu dan serbuk sari serta mengurangi berbagai gas berbahaya seperti formaldehida, serta menangkap lebih dari 99 persen debu yang sangat halus.

Produk disebut dapat memantau kondisi kualitas udara melalui Dust Sensor yang dapat mendeteksi sejumlah partikel debu di sekitar secara real-time dan indikator 4 warnanya akan menunjukkan hasilnya. 

Dengan begitu, konsumen bisa langsung mengetahui seberapa bersih dan murni udara di sekitar. Perangkat membutuhkan daya listrik 30W in. Filter 2-in-1 PM2.5 dan gilter deodorisasinya juga dapat diganti dengan cepat dan mudah. 

Samsung Air Purifier AX40R

Ilustrasi polusi udara.

Photo :
  • Pixabay

Produk ini memiliki Air Sensing Light yang menyinari ruangan dengan cahaya lembut. Air purifier ini mampu menghilangkan polutan dengan pemurnian berlapis di dalam ruangan seluas hingga 40m persegi.

AX40R akan mengekstrak partikel debu yang lebih besar. Kemudian Activated Carbon Deodorization Filter bertugas menghilangkan gas berbahaya. Terakhir, Ultrafine Dust Filter akan menangkap hingga 99,97 persen debu halus berukuran 0,3㎛ dan bakteri.

Samsung Air Purifier AX60R

Samsung Air Purifier AX60R.

Photo :
  • Samsung

Samsung Air Purifier AX60R punya kemampuan memurnikan udara di area yang lebih luas sampai 60m persegi dan menjangkau berbagai sudut dengan cepat melalui 3 Way Air Flow. 

Front Air Inflow akan menyedot udara kemudian Power Fan akan mendistribusikan udara yang bersih dengan cepat ke berbagai arah.

Perangkat akan memurnikan udara melalui Multi-Layered Purification System dengan mengekstrak partikel debu yang lebih besar. Lalu Activated Carbon Deodorization Filter akan menyaring bau tak sedap hingga gas berbahaya dan Ultrafine Dust Filter akan menangkap hingga 99,97 persen 5debu halus berukuran 0.3㎛ dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Laser PM Sensor akan mendeteksi debu, bahkan hingga partikel berukuran kurang dari 1,0㎛ dan berbagai kontaminan gas untuk pemeriksaan polusi yang lebih akurat. Tampilan numerik akan menunjukkan tingkat polusi udara PM1.0, PM2.5, atau PM10 dalam tampilan indikator 4 warna.

Samsung Air Purifier AX60R.

Photo :
  • Samsung

Air purifier ini bisa disesuaikan dari jarak jauh melalui aplikasi SmartThings yang ada di smartphone. Dengan perintah suara, konsumen bisa menyalakan atau menonaktifkan perangkat, memeriksa kualitas udara, dan memantau status filter.

Ada juga fitur Auto Mode untuk mendeteksi polusi udara dan secara otomatis menyesuaikan daya dan kecepatan kipas. Air purifier ini punya Sleep Mode untuk menciptakan aliran udara yang lebih lembut dan tenang, tanpa pencahayaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya