Keunggulan Samsung Galaxy S24 Ultra bikin Pengguna iPhone 15 Terpukul

Samsung Galaxy S24 series.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Tekno – Samsung Galaxy S24 menghadirkan berbagai pembaruan, dan salah satu yang paling mencolok adalah kehadiran 'Galaxy AI', suatu fitur kecerdasan buatan yang meresap ke berbagai fungsi ponsel.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Namun, selain fitur tersebut, terdapat beberapa fitur lain yang membuat seri Samsung Galaxy S24 layak dipertimbangkan bagi mereka yang berencana untuk membeli ponsel premium. Beberapa di antaranya bahkan melampaui kemampuan dari seri iPhone 15 buatan Apple.

Kaca Anti Reflektif

Galaxy AI Hadir dalam Bahasa Indonesia, Cukup 3 Langkah

Samsung Galaxy S24

Photo :
  • Istimewa
Tablet Samsung yang Baru bikin Penasaran

Dilansir dari Phone Arena, Kamis, 1 Februari 2024, Salah satu fitur unggulan adalah kehadiran kaca anti reflektif. Dalam perbandingan yang dilakukan oleh PhoneArena dengan beberapa ponsel premium lainnya seperti iPhone 15 Pro, Nothing Phone 2, Redmagic 9 Pro, Galaxy S24 reguler, dan Google Pixel 8 Pro, Galaxy S24 Ultra menunjukkan keunggulan yang signifikan.

PhoneArena menemukan bahwa ketika layar ditempatkan di bawah sinar matahari di luar ruangan, Galaxy S24 Ultra tidak menunjukkan refleksi yang mencolok seperti yang terlihat pada ponsel lainnya yang sering kali menampilkan refleksi seperti cermin.

Keberhasilan ini diperoleh berkat penggunaan pelapis Corning Gorilla Glass Armor terbaru, yang eksklusif digunakan oleh seri Galaxy S24 Ultra.

Meskipun tingkat kecerahan layar Galaxy S24 Ultra masih dianggap standar menurut PhoneArena, keberadaan lapisan anti reflektif ini akan mempermudah pengguna ketika menggunakan ponsel di luar ruangan atau di lingkungan yang terkena sinar matahari.

Galaxy AI

Dalam bidang fotografi, Samsung Galaxy S24 Series menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan pemrosesan gambar dan proses pengeditan. Pengguna memiliki kemampuan untuk mengedit foto, menghapus objek, melakukan penataan ulang komposisi, serta melakukan perbaikan atau penyempurnaan (remastering) pada foto yang telah diambil.

Fitur 'Edit Suggestion' hadir untuk memberikan saran penyesuaian foto oleh AI, sehingga hasil akhirnya menjadi lebih memukau. Terdapat pula fitur 'Generative Edit' yang memungkinkan pengguna mengisi bagian latar belakang gambar untuk merancang kembali komposisinya.

Samsung Galaxy S24 Plus.

Photo :
  • Gizmochina

Sebagai contoh, jika pengguna mengambil gambar dengan sudut miring, AI akan mengisi tepi-tepi gambar untuk menciptakan keseimbangan komposisi. Setiap kali Galaxy S24 menggunakan AI-generatif untuk menyempurnakan foto, watermark akan muncul pada gambar tersebut.

Galaxy S24 Ultra menawarkan fitur baru yang disebut 'Quad Tele System' dengan lensa zoom optik 5x. Meskipun mengalami penurunan dari sebelumnya 10x, Samsung meningkatkan resolusinya menjadi 50MP dari 10MP sebelumnya. Dalam hal zoom digital, Galaxy S24 Ultra memiliki kemampuan hingga 100x.

Samsung juga mengklaim bahwa Galaxy S24 Ultra mampu memberikan pengalaman fotografi malam yang lebih unggul, bahkan saat melakukan zoom. Fitur ini dikenal sebagai 'Space Zoom', yang menggambarkan kemampuan untuk memperbesar objek tanpa kehilangan kualitas, bahkan dalam kondisi pencahayaan minim.

Sistem Pendingin

Samsung Galaxy S24 Series telah resmi diluncurkan di Indonesia

Photo :
  • Istimewa

Keunggulan lain yang dimiliki oleh seri Galaxy S24 dibandingkan iPhone 15 terletak pada sistem pendinginnya. Menurut klaim dari Samsung, Galaxy S24 telah dilengkapi dengan vapor chamber yang memiliki ukuran lebih besar, yakni 1,5 kali lipat dari Galaxy S23.

Selanjutnya, vapor chamber pada Galaxy S24 Plus disebut memiliki ukuran yang lebih besar, yakni 1,6 kali lipat dibandingkan Galaxy S23 Plus. Sedangkan, ruang pendingin pada Galaxy S24 Ultra memiliki ukuran yang lebih besar lagi, yakni 1,9 kali lipat.

Di sisi lain, iPhone dikenal dengan isu suhu yang cepat naik ketika digunakan secara intensif. Hal ini dapat menjadi masalah yang cukup serius karena dapat mengakibatkan perlambatan performa perangkat.

Reverse Wireless Charging

Keunggulan lain yang dimiliki oleh seri Galaxy S24 dibandingkan iPhone 15 adalah adanya dukungan pengisian daya antar perangkat, yang dikenal dengan sebutan 'reverse wireless charging'. Sayangnya, kemampuan ini belum tersedia di iPhone 15.

Meskipun banyak pengguna iPhone yang mengharapkan adanya fitur ini, namun belum ada di iPhone 15, dan diperkirakan mungkin akan diperkenalkan pada iPhone 16.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya