Strategi XL Dorong Pengembangan Startup IoT di Indonesia

XL-Camp.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk memiliki Laboratorium Internet of Things (IoT) bernama XL-Camp di kantor pusat mereka. Keberadaan laboratorium ini untuk pengembangan use-case IoT yang ada.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

"XL-Camp menunjukkan keinginan kami untuk berpartisipasi dalam pengembangan IoT di Indonesia," kata Kepala Eksekutif XL Axiata, Dian Siswarini, di Jakarta, Selasa, 13 November 2018.

Menurutnya XL ingin membantu pembangunan dalam bidang digital. Solusi yang ditawarkan akan membantu pekerjaan sehari-hari para penggunanya.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Pada XL-Camp juga dilakukan pengembangan pelatihan sumber daya serta wadah pertemuan para stakeholder, termasuk di dalamnya ekosistem IoT.

Selain itu, XL-Camp akan membantu startup berbasis IoT untuk berkembang. Rencananya akan digandeng venture capital dan inkubator juga.

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

Dalam peresmian XL-Camp juga turut hadir Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto dan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Menurut Airlangga IoT harus ada untuk semua orang, dan bukan lagi IoT tetapi menjadi for everything.

Ia menambahkan sektor manufaktur menjadi hal penting bagi teknologi pendukung revolusi industri keempat tersebut. "IoT di dalamnya manufaktur menjadi kunci. Perangkat sektor diharapkan bisa mencapai 400 juta sensor sampai tahun 2030," tegas Airlangga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya