Shopee Ekspor 26 Juta Produk UMKM Lokal

Shopee.
Sumber :
  • DealStreetAsia

Jakarta, 19 Desember 2023 – Kinerja ekspor nasional mengalami peningkatan sebesar 6,7 persen, per bulan Oktober 2023. Produk lokal pun turut unjuk gigi, memberikan kontribusi yang signifikan dalam pencapaian ini.

Ganjaran Kementerian BUMN untuk Pelindo karena Bantu Promosikan UMKM

Meski begitu, kontribusi sektor UMKM terhadap nilai ekspor nasional masih di kisaran 15 persen. Pemerintah bersama berbagai pihak, termasuk platform ecommerce seperti Shopee, tak tinggal diam.

Berbagai upaya sedang digencarkan, untuk mendongkrak kontribusi ekspor UMKM hingga bisa mencapai target 17 persen di tahun 2024. Melalui Program Ekspor Shopee, perusahaan startup itu menjadi pionir dalam akselerasi UMKM lokal menembus pasar internasional.

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

Sepanjang 2023, Shopee telah mendampingi pelaku UMKM untuk menempa daya saing global, membuka jalan bagi lebih dari 26 juta produk lokal untuk diekspor ke berbagai negara di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin.

Kampanye tanggal kembar 10.10 Brands Festival dan 11.11 Big Sale menjadi bukti nyata kehebatan program ini. Transaksi ekspor UMKM lokal melesat 4x lipat selama kedua kampanye besar tersebut.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

Produk UMKM Fashion dan Home Living pun tampil sebagai primadona di mata pembeli mancanegara. Selain mendorong ekspor UMKM, Shopee juga hadir sebagai bagian tak terpisahkan dari keseharian masyarakat Indonesia.

Sepanjang 2023, Shopee menorehkan berbagai pencapaian menarik seperti aksesoris HP, kaos pria, kemeja wanita, dan moisturizer dinobatkan sebagai produk terlaris.

Kemudian permainan Shopee Cocoki viral dengan 5 juta pemain, ShopeeFood sukses dengan menu seafood sebagai yang terlaris, laman Shopee Barokah, rumah bagi Al-quran dan penunjuk arah kiblat dikunjungi 2,5 juta orang setiap harinya.

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja, mengungkapkan bahwa mereka senang menjadi bagian dari setiap perjalanan pelaku UMKM dan pengguna untuk menciptakan peluang dan menggapai impian mereka di sepanjang 2023.

“Ke depannya, Shopee berkomitmen untuk terus berinovasi dalam mengembangkan layanan kami agar dapat terus memberikan yang terbaik bagi para pengguna melalui ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, sesuai dengan misi #ShopeeAdaUntukUMKM,” ujarnya, dikutip VIVA Tekno dari keterangan resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya