Threads, Pesaing Twitter Diluncurkan Pekan Ini: Pertarungan Zuckerberg Vs Elon Musk Dimulai

Aplikasi saingan Twitter milik Meta, Threads
Sumber :
  • The Verge

Jakarta – Aplikasi baru mirip Twitter milik Meta bernama Threads, akan diluncurkan pada hari Kamis pekan ini. Apakah aplikasi yang dikembangkan perusahaan milik bos Facebook, Mark Zuckerberg itu bisa membunuh Twitter yang kini dimiliki Elon Musk?  

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Aplikasi Threads, yang bisa ditautkan ke aplikasi Instagram, sudah muncul di toko aplikasi Apple atau Appstore pada hari Selasa menjelang peluncurannya di hari Kamis. Meta juga telah meluncurkan situs web hitung mundur untuk rilis tersebut.

Pratinjau aplikasi "percakapan berbasis teks" mengatakan Threads akan menjadi tempat "komunitas berkumpul untuk mendiskusikan segala sesuatu mulai dari topik yang Anda minati hari ini hingga apa yang akan menjadi tren besok".

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Aplikasi saingan Twitter milik Meta, Threads

Photo :
  • The Verge

“Apa pun yang Anda minati, Anda dapat mengikuti dan terhubung langsung dengan kreator favorit Anda dan orang lain yang menyukai hal yang sama, atau membangun pengikut setia Anda sendiri untuk berbagi ide, opini, dan kreativitas Anda dengan dunia,” tertulus di teks promosi.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Tangkapan layar juga mengungkapkan bahwa pengguna akan bisa menggunakan Instagram mereka untuk masuk ke Threads dan mengikuti orang-orang di kontak mereka yang ada. Aplikasi ini tampaknya berbagi antarmuka pengguna yang mirip dengan Twitter, dengan fitur serupa termasuk memposting ulang, menyukai, dan memungkinkan pengguna membatasi siapa yang dapat membalas posting.

Threads diluncurkan dengan masuk untuk menjadi saingan Twitter, tetapi pada awalnya Threads adalah nama aplikasi Meta 2019 yang diluncurkan untuk bersaing dengan aplikasi Snapchat. Produk tersebut kemudian ditinggalkan dan vakum tetapi Meta tetap mempertahankan namanya.

Meta akan bergabung dengan bidang platform yang berkembang, termasuk BlueSky dan Mastodon, bersaing untuk menggantikan Twitter sejak Musk mengambil alih Twitter akhir tahun lalu dan situs tersebut menjadi lebih sulit untuk diakses oleh sekitar 250 juta penggunanya.

Pekan lalu, Twitter mulai mewajibkan pengguna masuk untuk melihat situs, yang mana sebelumnya orang tanpa profil Twitter juga bisa melihat tweet. Tak sampai di sana, pengguna juga banyak yang marah karena Musk memberlakukan batasan pada sebagian besar pengguna yang tidak membayar untuk Twitter Blue, membatasi akun yang tidak diverifikasi hanya bisa melihat 600 tweet perhari, yang kemudian dinaikkan menjadi 1.000 tweet perhari.

Keputusan moderasi Musk, termasuk pencabutan larangan pada akun sayap kanan, dan ketidakstabilan situs yang meningkat telah mematikan pengiklan, yang telah menghentikan atau mengurangi pengeluaran dalam beberapa bulan terakhir.

Aplikasi saingan Twitter milik Meta, Threads

Photo :
  • The Verge

Chief product officer Meta, Chris Cox, mengatakan selama pertemuan di seluruh perusahaan, ada permintaan aplikasi untuk alternatif Twitter "dari pencipta dan tokoh masyarakat yang tertarik untuk memiliki platform yang dijalankan secara wajar", menurut The Verge.

Meski begitu, beberapa keluhan muncul karena peraturan privasi di apliasi Threads. Aplikasi Threads dapat mengumpulkan data yang terkait dengan kesehatan penggunanya, informasi keuangan, informasi kontak, riwayat penelusuran, lokasi dan pembelian, antara lain.

Sebagai perbandingan, BlueSky dapat menautkan informasi kontak, konten pengguna, dan pengidentifikasi. Twitter mengatakan dapat melacak pengguna melalui pembelian, informasi kontak, lokasi, kontak, dan riwayat penelusuran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya