Ilmuwan Muslim Ini Dihormati NASA, Namanya Ada di Kawah Bulan dan Asteroid

Bapak optik modern, Ibnu Al-Haytham.
  • Getty Images

VIVA Tekno – Sebanyak 24 ilmuwan dan ulama Muslim telah mendapat pengakuan dari Organisasi Astronomi Internasional (IAU). Mereka telah diabadikan menjadi nama kawah bulan, termasuk ilmuwan Ibnu Al-Haytham (bahasan latin: Alhazen) yang merupakan bapak optik modern.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

Dia menemukan hukum refleksi dan pembiasan lebih dari 1.000 tahun yang lalu, menjelaskan bagaimana penglihatan manusia terbentuk, menolak teori yang berasal dari pakar lain di era Yunani-Romawi.

Al-Haytham memveto teori emisi yang berlaku selama 1.500 tahun, yang didukung oleh pemikir Yunani klasik seperti Euclid dan Ptolemy, yang berpendapat bahwa mata manusia bekerja seperti obor, memancarkan sinar cahaya dan menerangi objek di depan mereka.

Kalahkan 11 Negara, Siswa Indonesia Sabet Emas Kompetisi Matematika Internasional di Australia

Dia membalas argumen tersebut dengan mengatakan bahwa Matahari atau sinar bulanlah yang memasuki mata kita membentuk gambaran di dalam, yang disebutnya 'kotak gelap' di kepala kita.

Teori ini melewati semua tes ilmiah, membuka jalan bagi banyak penemuan terobosan di bidang astronomi, matematika, dan optik, serta menginspirasi beberapa tokoh ilmiah Barat selama 700 tahun ke depan, termasuk tokoh-tokoh sejarah yang menjulang tinggi seperti Galileo Galilei dari Italia, Johannes dari Jerman, Kepler dan juga Sir Isaac Newton.

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

"Penglihatan mempersepsikan cahaya dan warna yang ada pada permukaan objek. Penglihatan mempersepsikan semua objek melalui garis lurus yang dianggap tersebar di antara objek dan titik pusat penglihatan," jelasnya.

Menurut banyak catatan sejarah, Al-Haytham membuat penemuan signifikan di bidang optik ketika berada di penjara. Dia dikirim ke sana oleh Khalifah al-Hakim, yang menghukumnya karena gagal membangun bendungan pengatur banjir di Sungai Nil.

Catatan lain menunjukkan bahwa ketika ia berpura-pura gila untuk menghindari eksekusi di tangan Khalifah Al-Hakim dari dinasti Fatimiyah, ia menulis bukunya yang mendapat pujian kritis, Kitab Al-Manazir.

Bapak optik modern, Ibnu Al-Haytham.

• TRT World

Pada suatu malam selama penahanannya, dia dikatakan telah mengamati sinar cahaya dari Bulan yang merambat dalam garis lurus melalui lubang kecil sel penjaranya dan mengenai salah satu dinding.

Setelah itu, dia mulai bereksperimen menggunakan kotak gelap, sebuah ide yang terinspirasi dari kegelapan selnya, menurut situs TRT World, Rabu, 23 Agustus 2023.

Seiring dengan halaman-halamannya yang penuh dengan wawasan ilmiah, tibalah zaman keemasan dunia Islam. Ke mana pun dia memimpin, orang lain mengikuti dan ide-ide baru dibangun berdasarkan banyak penemuan ilmiahnya.

Di Eropa, di mana ia dikenal sebagai Alhazen, banyak ilmu pengetahuan yang konon berakar pada karyanya.

Lahir di Basra (Irak) sekitar tahun 965 M, Al-Haytham dianggap sebagai salah satu anggota senior dari trio cendekiawan Muslim selama abad ke-10 dan ke-11. Dua lainnya adalah al-Biruni (973-1048) dan Ibnu Sina (980–1037).

Sebagai sarjana dari banyak disiplin ilmu, termasuk matematika, fisika, mekanik, astronomi, filsafat, dan kedokteran, dia menulis sekitar dua ratus buku selama seumur hidupnya.

Itu terdiri dari 25 buku matematika, 44 fisika dan metafisika (Aristoteles), termasuk meteorologi dan psikologi. Dia adalah seorang ahli filsafat alam, logika dan metafisika Aristoteles.

Setidaknya 96 karyanya diketahui dan 50 masih bertahan hingga saat ini. Separuh dari karya-karya Al-Haytham yang bertahan adalah tentang matematika, sementara 23 berfokus pada astronomi dan 14 lainnya didasarkan pada optik, serta topik-topik lain dalam sains.

Buku Optik Al-Haytham, ditulis sekitar tahun 1027, juga dikenal sebagai Opticae Thesaurus dalam bahasa Latin, menjadi salah satu karyanya yang paling berpengaruh. Itu diterjemahkan secara anonim pada abad ke-12 dan ke-13.