Superhero Indonesia Ini Berjuang Selamatkan Budaya Melalui Makanan Tradisional

Benny Santoso memperkenalkan tempe ke WNA di Bali
Sumber :
  • Instagram Tempeman.id

Bali  – Layaknya Superman atau Batman, superhero dalam film fiksi Amerika yang selalu melindungi orang-orang yang membutuhkan pertolongan dari para penjahat, Indonesia mempunyai 'Tempeman' superhero yang menyelamatkan budaya melalui makanan tradisional.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Pria yang berasal dari Surakarta Benny Santoso (26) menjadi super hero dalam bidang Gastronomi melalui makanan. Tempe, makanan tradisional asli khas Indonesia yang terbuat dari kedelai ini diangkat sebagai jembatan untuk mempromosikan Indonesia dan budayanya dalam 'Diplomasi Budaya Melalui Tempe.

Superhero yang kini menetap di Bali itu, sukses membawa nama Indonesia ke kancah internasional dengan produk tempe yang dihasilkan oleh Benny. Dengan melabeli hasil produksinya dengan nama 'Tempeman', diplomasi budaya melalui gastronomi makanan yang dilaksanakan berhasil menyabet penghargaan berupa apresiasi dari SATU Indonesia Award 2021 oleh Astra.

Tempe hasil buatan Benny Santoso di Bali

Photo :
  • Instagram Tempeman.id
Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali


Tempe dipilihnya sebagai diplomasi budaya karena tempe merupakan makan khas asli Indonesia.

"Makanan khas Indonesia banyak. Tidak hanya rendang  atau nasi goreng. Tapi yang benar-benar khas Indonesia salah satunya tempe," kata Benny, Senin, 18 September 2023.

Benny menuturkan, usaha produk lokal dengan brand 'Tempeman' saat ini telah melakukan Empowering Local Woman. 90 persen karyawan kata Benny didominasi oleh wanita yang merupakan masyarakat Bali.

Benny juga memproduksi berbagai macam olahan produk tempe, seperti makanan ringan atau cemilan dengan aneka rasa yang berbahan dasar tempe.

Tidak hanya memproduksi tempe, akan tetapi pria asli Surakarta ini juga mengedukasi masyarakat maupun wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin belajar membuat tempe. Benny membuka workshop bagi siapapun yang ingin belajar.

Mempunyai usaha yang sekaligus menjadi pusat edukasi dan promosi untuk negara dan budayanya, Benny merasa sangat berkesan. Karena tak hanya orang lokal akan tetapi orang asing baik dewasa maupun anak-anak pun tertarik untuk belajar membuat tempe.

 Ia pun berpesan untuk mencintai produk lokal khususnya tempe.

"Masyarakat Jepang saja bangga dengan shushinya, miso dan naruto yang mereka punya. Kenapa orang Indonesia tidak bangga dengan culture yang kita punya sendiri. Salah satunya tempe," ucapnya.

Benny yang gigih mengenalkan budaya Indonesia melalui makanan itu juga gigih memperjuangkan produk lokal sebagai kebanggaan Indonesia.

Tempe merupakan makanan khas asli Indonesia yang terbuat dari kedelai. Makanan yang digemari seluruh lapisan masyarakat Indonesia ini mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi. Sehingga tempe bisa dijadikan pengganti protein yang berasal dari hewani.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang
Hyoyeon Girls Generation saat menggunakan kebaya Bali - Sunber Foto tangkapan layar Instagram @xosone_ss

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai melakukan pemeriksaan terhadap 31 WNA asal Korea Selatan dan 1 WNI dalam pembuatan film reality show' Pick Me Trip in Bali'.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024