Menyambut Puasa, Ini Keistimewaan Bulan Ramadhan yang Harus Umat Muslim Ketahui

Bulan Ramadhan Di Pakistan
Sumber :

VIVA – Karena keagungan dan keberkahannya, banyak umat muslim yang menantikan kedatangan bulan suci Ramadhan. Apakah yang membuat bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh keistimewaan? Berikut adalah beberapa keistimewaan yang terkait dengan bulan suci Ramadhan :

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

1. Bulan Diturunkannya Al-Quran

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkat dan kemuliaan. Al-Qur'an diturunkan pada bulan ini sebagai petunjuk bagi manusia. Sebagaimana yang dinyatakan dalam ayat 185 dari surah Al-Baqarah, yang berbunyi:

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Bulan Ramadhan Di Pakistan

Photo :

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).”

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

2. Puasa Ramadhan

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah berpuasa, yang merupakan rukun Islam ketiga yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Berpuasa selama bulan penuh berkah ini menghasilkan banyak pahala bagi mereka yang menjalankannya. Allah SWT mengatakan:

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu kamu bertakwa.” (Q.S. Al-Baqarah : 183)

3. Pengampunan Dosa

Salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah bahwa Allah mengampuni dosa-dosa hamba-Nya. Mereka yang benar-benar beribadah dan bertaubat atas dosa-dosa mereka akan memiliki pintu pengampunan dan kebaikan. Sebagaimana yang dijelaskan dalam kitab Bukhari dan Muslim.

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosa yang telah lalu.”

4. Pahala yang Berlipat Ganda

Setiap tindakan baik pasti akan mendapatkan pahala. Terutama di bulan yang penuh berkah ini, setiap tindakan baik dan ibadah akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. 

Ditambah lagi, selama bulan Ramadhan, orang dapat melakukan banyak ibadah yang tidak dapat dilakukan di bulan lain, seperti memberi makan orang yang berpuasa, tarawih, dan beribadah di malam lailatul qadar.

5. Doa Dikabulkan

Bulan Ramadhan juga merupakan waktu yang mustajab untuk dikabulkannya doa, tentu saja yang dilakukan dengan tulus. Allah dan Rasul juga menyuruh umatnya untuk berdoa lebih banyak, terutama selama bulan Ramadhan. Menurut Imam Nawawi rahimahullah,

“Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak do’a demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdo’a untuk hajat yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan do’a kebaikan untuk kaum muslimin secara umum.” (Al-Majmu’,6 : 273)

6. Malam Lailatul Qadar

Kegiatan Bulan Puasa Ramadan di Mesjid Istiqlal Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam Al-Qur'an, malam lailatul qadar adalah malam kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan. Ayat-ayat pertama Al-Qur'an diturunkan pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan. Menurut surah Al-Qadr, ayat 1-5,

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar (1) Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? (2) Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan (3) Pada malam itu turun para malaikat dan Roh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan (4) Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar (5).”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya