6 Tahun Wujudkan Kesetaraan Gender dan Keamanan Anak, P&G dan Save the Children Terus Berinovasi

P&G dan Save the Children Terus Berinovasi Melalui Program We See Equal
Sumber :
  • VIVAcoid/Agus Setiawan

Cianjur – Perusahaan terkemuka dalam bidang FMCG, Procter and Gamble (P&G) Indonesia, bersama Save the Children, kembali meneguhkan komitmennya terhadap program We See Equal (WSE) untuk menciptakan lingkungan yang setara, positif gender, dan aman bagi anak-anak, terutama di Cianjur dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Setelah berjalan selama enam tahun, P&G dan Save the Children berbagi pandangan serta pengalaman terkait pelaksanaan program ini di sekolah-sekolah yang menjadi bagian dari WSE. Dalam kesempatan ini, P&G dan Save the Children juga menegaskan niat mereka untuk memperkuat program ini di fase berikutnya.

Saranathan Ramaswamy selaku Presiden Direktur P&G Indonesia

Saranathan Ramaswamy selaku Presiden Direktur P&G Indonesia

Photo :
  • VIVAcoid/Agus Setiawan
Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Sejak 2018 hingga Desember 2023, program WSE telah berhasil memberdayakan 26.998 anak, 1.874 guru, dan 2.990 orang tua. Prestasi ini tidak hanya terjadi di lingkungan sekolah, tetapi juga melibatkan komunitas secara luas. Program ini telah menjangkau 11 desa, melibatkan 551 tokoh masyarakat, 77 staf pemerintah, dan berhasil membentuk 11 Forum Anak di bawah bimbingan WSE.

Dengan melihat dampak positif yang telah dicapai, pemerintah lokal juga mengambil langkah untuk memperluas dan mempromosikan modul WSE ke lebih banyak sekolah. Langkah ini mencakup penyebaran modul ke 20 sekolah di Cianjur dan 30 sekolah di Kabupaten Bandung.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

“Sejak tahun 2018, para generasi muda Kabupaten Bandung dan Cianjur telah menjadi perhatian P&G dan Save the Children lewat program We See Equal, dimana kami terus berupaya membentuk lingkungan yang setara, positif gender, dan aman bagi mereka, sehingga dapat tumbuh dan berkembang untuk meraih kehidupan yang lebih berkualitas,” kata Saranathan Ramaswamy selaku Presiden Direktur P&G Indonesia.

“Tahun ini, upaya bersama kami untuk memberdayakan masyarakat telah berhasil memberikan edukasi melalui program WSE kepada sejumlah anak, guru, dan orang tua. Lebih dari itu, kami juga melibatkan elemen masyarakat yang lebih luas dan memfasilitasi sejumlah Forum Anak di bawah bimbingan WSE. Kami bersyukur atas apresiasi dan dukungan pemerintah terhadap dampak positif Program We See Equal dengan memperluas program ini ke 50 sekolah di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung. Kolaborasi antara P&G, Save The Children, dan pemerintah ini menunjukkan kekuatan dari aksi kolektif. Ini merupakan bukti dari apa yang bisa kita capai ketika bekerja bersama untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi anak-anak kita,” imbuhnya.

Sementara itu, Helmi Halimudin, S.Pd, M.Si selaku Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur memberikan apresiasi dedikasi dan kontribusi yang diberikan oleh P&G dan Save the Children.

P&G dan Save the Children Terus Berinovasi Melalui Program We See Equal

P&G dan Save the Children Terus Berinovasi Melalui Program We See Equal

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

“Melalui perjalanan program We See Equal di Kabupaten Cianjur, kami dengan tulus mengapresiasi dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan oleh P&G dan Save the Children. Selain itu, kami juga melihat dampak positif dari program ini sehingga pemerintah pun berinisiatif untuk mereplikasi modul WSE di Kabupaten Cianjur sebanyak 20 sekolah dan 30 sekolah di Kabupaten Bandung,” ungkapnya.

“Semoga kesuksesan ini menjadi titik terang yang mengilhami perusahaan-perusahaan lain untuk memberikan perhatian khusus dalam pembentukan lingkungan yang aman, positif gender, dan setara bagi anak-anak. Dengan langkah ini, kita bersama-sama membangun fondasi yang kuat untuk masa depan yang lebih baik, dimana setiap anak dapat tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang setara dan aman,” lanjutnya.

Salah satu prestasi lain dari program WSE adalah memberikan dukungan kepada para pemimpin desa dalam membentuk Forum Anak Desa. Forum ini menjadi wadah bagi anak-anak di desa untuk menyuarakan kebutuhan dan ide-ide mereka, terutama yang berkaitan dengan kesejahteraan mereka. 

Keistimewaan dari forum-forum ini adalah bahwa mereka dipimpin oleh anak-anak sendiri dan difasilitasi oleh anggota masyarakat dewasa. Melalui partisipasi aktif ini, WSE bertujuan menciptakan lingkungan di mana suara anak-anak dihargai dan menjadi bagian integral dalam proses pengembangan komunitas.

Pada kesempatan yang sama, Dessy Kurwiany Ukar selaku Plt CEO Save the Children mengatakan kolaborasi dengan P&G ini berjalan sejak lima tahun terakhir. Kerjasama ini telah menunjukkan perubahan besar di Kabupaten Bandung dan Cianjur.

“Kemitraan strategis antara Save the Children dengan P&G telah berjalan sejak lima tahun terakhir. Save the Children bangga menjadi bagian dari program P&G We See Equal yang telah menunjukkan perubahan yang signifikan, khususnya di Kabupaten Bandung dan Cianjur. Dengan semangat dan nilai yang sama, kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang setara, positif gender, dan aman bagi anak-anak di Indonesia tercapai. Kemitraan ini tentunya sangat berdampak positif terhadap perubahan hidup anak-anak di Jawa Barat dan tentunya kami berharap dampak positif dari program ini bisa diterapkan di sekolah-sekolah lain di sekitarnya,” tandasnya.

Momen membanggakan lainnya dalam program ini ketika P&G mendukung Hasna, seorang siswa Indonesia binaan WSE untuk menjadi salah satu delegasi pada "Konferensi Women Deliver" 2023 yang diselenggarakan di Rwanda pada 15-20 Juli tahun 2023, yang dihadiri 6.300 peserta secara langsung dan lebih dari 200.000 peserta secara virtual dari berbagai negara. Pada kesempatan tersebut, Hasna berbagi pembelajaran dan kisah dampak selama keterlibatannya di WSE, yang menunjukkan signifikansi global program ini.

Tono Hartono sebagai Kepala Sekolah di salah satu SMP di Cianjur mengaku sejak adanya program We See Equal, dia melihat banyak perubahan positif pada para siswanya. Mereka tidak hanya semakin memahami pentingnya kesetaraan gender, tetapi juga melibatkan diri secara aktif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman, dan dipenuhi dengan nilai-nilai kesetaraan untuk setiap anak.

Sebagai bentuk dari komitmen yang berkelanjutan, saat ini P&G bersama Save the Children sedang mengevaluasi dan merancang fase ke-empat dari program We See Equal. Ini merupakan aksi nyata untuk memastikan agar upaya pembentukan lingkungan yang setara, berorientasi pada gender positif, dan aman bagi perkembangan anak-anak agar dapat terus berjalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya