5 Tips Cara Melembabkan Kulit dengan Bahan Alami, Wajib Dicoba

Masker wajah
Sumber :
  • Pixabay/ VisionPics

VIVA Lifestyle – Orang dengan kulit kering bukan satu-satunya yang mengalami kekeringan. Orang dengan kulit normal pun juga perlu pelembab. Pelembab ini diperlukan untuk kulit agar terlihat tetap cantik dan sehat pada musim apapun.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Dengan menggunakan pelembab setiap hari dapat membuat kulit kamu bersinar dan sehat. Lantas, bagaimana cara melembabkan kulit? Adakah bahan yang alami? Dikutip dari Stylecraze, berikut cara melembabkan kulit dengan bahan alami.

1. Minyak

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Minyak zaitun.

Photo :
  • U-Report

Tips untuk melembabkan kulit dengan bahan alami yang pertama yaitu dengan menggunakan minyak. Minyak ini bisa minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak wijen yang mudah ditemukan.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Caranya, oleskan minyak ke seluruh tubuh dan pijat selama satu atau dua menit. Dengan memijat, minyak akan cepat terserap ke dalam kulit. 

Kamu juga bisa membiarkannya semalaman dan mandi pada pagi hari untuk kulit lebih segar. Atau, bisa juga menggunakan setelah mandi.

Selain itu kamu juga bisa membuat masker wajah dengan mencampurkan salah satu minyak ini dengan madu dan teh hijau atau teh chamomile untuk menghidrasi kulit. Lakukan dengan cara ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

2. Madu

Ilustrasi madu

Photo :
  • healthline.com

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk melembabkan kulit yaitu madu. Caranya, oleskan selapis madu pada area kulit seperti wajah atau lengan. Biarkan baluran madu ini selama 15-20 menit. 

Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan. Ulangi dengan cara ini dua kali seminggu atau lebih sering jika kamu memiliki kulit yang sangat kering.

3. Gel Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Photo :
  • Freepik

Untuk bahan alami yang satu ini, cara memakainya yaitu kupas bagian luar daun dan buang bagian dalam batang yang mengeluarkan gel. 

Ekstrak gel ini dan pastikan kamu menumbukknya dengan baik, serta menerapkannya sesegera mungkin. Biarkan mengering selama 10-12 menit lalu bersihkan denan air hangat. Lakukan langkah ini setiap 2-3 hari sekali.

Kamu bisa menyimpan sisa gel lidah buaya dalam wadah kedap udara di lemari es selama beberapa hari. Kamu bisa membuat masker wajah dengan mencampur sisa gel lidah buaya dengan air mawar, madu dan buah-buahan seperti melon, melon atau semangka untuk merawat kulit kering.

4. Alpukat

Minyak alpukat.

Photo :
  • U-Report

Rupanya buah alpukat juga bisa digunakan untuk melembabkan kulit. Caranya potong alpukat dan buang ampas yang ada di dalamnya. Kemudian tumbuk perlahan agar tidak ada gumpalan yang tersisa.

Terapkan ini pada area kulit dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Ulangi langkah ini dua kali seminggu.

5. Jus timun

Jus mentimun.

Photo :
  • U-Report

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk melembabkan kulit yaitu jus timun. Caranya, kupas mentimun dan potong setengah panjangnya. Kemudian buang bijinya dan haluskan potongan mentimun yang tersisa.

Setelah itu panaskan lilin paraffin dalam microwave selama 90 detik untuk melelehkannya. Untuk ini, tambahkan carrier oil dan haluskan mentimun. Aduk rata. 

Gunakan jus ini untuk memijat kulit dan melembabkannya. Gunakan jus mentimun ini setiap malam untuk melembabkan kulit.

Itulah sederet cara untuk melembabkan kulit dengan bahan alami. Pastikan kamu mengaplikasikannya secara rutin dan teratur agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya