Pembatasan Jarak Berenang di Pantai Anyer Selama Libur Tahun Baru 2024

Pantai Anyer, Banten
Sumber :
  • Yandi Deslatama (Serang)

Banten – Wisatawan akan dibatasi berenang di laut Anyer dan sekitarnya. Radius yang diperbolehkan berenang, maksimal sejauh 20 meter dari bibir pantai. Kemudian, pukul 17.00 wib, harus sudah selesai bermain di air laut.

10 Kota Terbaik di Dunia untuk Jadi Tujuan Kerja Jarak Jauh

Pembatasan berenang ini untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan yang berlibur selama libur Tahun Baru 2024.

"Yang jelas untuk kondisi yang aman, jarak yang diizinkan kira-kira 15 atau 20 meter dari bibir pantai," ujar AKBP Hariyatmoko, Wadir Polairud Polda Banten, Kamis, (28/12/2023).

Tempat Wisata Sudah Padat, Jalan Menuju Anyer Ditutup

Petugas gabungan juga mengingatkan masyarakat yang akan berlibur ke wilayah Banten, untuk selalu memperhatikan kondisi cuaca. Untuk yang berlibur ke pegunungan, harus waspada jika terjadi hujan lebat yang bisa menyebabkan tanah longsor.

Pantai Anyer penuh, lalu lintas diallihkan.

Photo :
  • Dok. Polres Cilegon.
Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Kemudian yang berlibur ke daerah pantai, untuk memperhatikan gelombang tinggi dan angin kencang. Khusus di laut, Ditpolairud Polda Banten menerjunkan dua unit kapal patroli dan satu unit kapal cepat jenis RIB. Mereka akan berkeliling di area pantai yang dipadati wisatawan.

"Kita harapkan pelaksanaan kegiatan wisata tahun 2023 ini tidak ada masyarakat yang celaka, cedera, ataupun tenggelam," jelasnya.

Pembatasan berenang dan memperhatikan kondisi cuaca juga perlu dilakukan untuk mereka yang berwisata ke lokasi pemandian, curug atau air terjun hingga di sungai. Begitupun yang memilih tracking atau camping di hutan maupun pegunungan.

(Ilustrasi) Pengunjung ramaikan objek wisata pantai anyer saat libur Lebaran 2019.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yandi Deslatama

Dengan sumber daya yang terbatas, peran serta masyarakat dan wisatawan untuk menjaga diri dari segala bahaya, manjadi faktor penting terciptanya keselamatan saat berwisata.

"Untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, memang batasan itu sudah kita tentukan dengan seluruh stakeholder terkait. Batasan tetap kita berlakukan, sebab kita enggak tahu main di sungai juga ketika cuaca enggak memungkinkan, itu yang lebih riskan," ucap Adil Triyatno, Kepala Basarnas Banten, Kamis, (28/12/2023).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya