Lima Cara Alami Hilangkan Ketombe, Enggak Pakai Ribet

Ilustrasi rambut.
Sumber :
  • pixabay/Adinavoicu

VIVA – Ketombe menjadi salah satu masalah rambut yang cukup sering dijumpai. Rambut berketombe juga tidak pandang usia, semua orang segala usia bisa mengalaminya.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Umumnya masalah ketombe dijumpai pada mereka yang berusia antara 20 hingga 30 tahun. Ketombe biasanya bisa menyebabkan masalah lainnya, seperti kulit kepala kering, rambut rontok dan lainnya yang bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami. Dilansir dari Bright Side, berikut ini lima cara mengusir ketombe dengan menggunakan bahan alami.

Cara Efektif Hilangkan Ketombe Menurut Dokter, Kenali Dulu Penyebabnya

1. Tea tree oil

Kandungan 5 persen tea tree oil dalam sampo bisa membantu memperbaiki kondisi kulit kepala. Termasuk untuk menghadapi masalah ketombe.

Kesalahan Fatal! Semprot Parfum Terlalu Dekat Bikin Wangi Cepat Hilang, Ini Alasannya!

Cara penggunaannya, dengan menambahkan delapan hingga 10 tetes tea tree oil dalam 200 mililiter botol sampo. Cuci rambut seperti biasanya, tapi diamkan sejenak sampo di kulit kepala untuk mendapatkan manfaat tea tree oil.

Bisa juga menggunakan minyak almon atau minyak kelapa. Tiga perempat minyak akan membutuhkan 15 tetes tea tree oil. Letakkan campuran itu di rambut, pijat hingga bagian kulit kepala.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel alami bisa digunakan untuk mengobati gatal-gatal dan kulit kering penyebab ketombe. Kandungan asam dalam cuka apel mengubah pH kulit kepala, yang membuatnya jamur sulit berkembang.

Cara penggunaannya, dengan mencampur cuka sari apel dengan air dalam proporsi yang seimbang. Setelah mencuci rambut, aplikasikan campuran saat rambut masih basah. Pijat hingga ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas.

3. Minyak kelapa

Untuk mendapatkan manfaatnya, panaskan minyak kelapa dalam sebuah mangkuk. Usapkan minyak di kulit kepala dan rambut selama 5 menit. Diamkan semalaman dan di pagi hari cuci dengan sampo yang biasa digunakan.

4. Madu murni

Selain menjaga kelembapan rambut, kandungan vitamin di dalam madu juga baik untuk kesehatan rambut. Selain itu, madu juga mengandung kalsium, magnesium, potasium. Untuk memerangi ketombe, caranya dengan membasahi rambut. Lalu cairkan madu (90 persen madu dan 10 persen air), kemudian gosokkan di kulit kepala selama 3 sampai 5 menit dan diamkan selama beberapa jam. Bilas dengan air.

5. Lemon

Lemon membantu menyeimbangkan pH dari kulit kepala dan mengurangi gatal. Gunakan perasan lemon pada kulit kepala dan diamkan selama 35 hingga 40 menit. Bilas dengan air, gunakan kombinasi madu lemon, lemon dan air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya