Keren, Keragaman Budaya Asia Tenggara Ada di Sepatu Ini

Ilustrasi sepatu.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Asia Tenggara merupakan area yang terus berkembang dan menjadi salah satu titik panas dari tatanan dunia baru. Wilayah ini kaya akan tradisi, memiliki beragam budaya serta disatukan dalam harapan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. 

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Asia Tenggara adalah rumah dari talenta terbaik di dunia, dalam bidang olahraga, seni, fashion dan musik. Seperti halnya enam individu kreatif asal Asia Tenggara ini, yang menunangkan skill dalam dunia seni dan fashion untuk menunjukkan keindahan budayanya masing-masing. 

Mereka di antaranya adalah Yeri Afriyani dari Indonesia, Jaemy Choong dari Malaysia, Greg Guleserian dari Filipina, Eman Raharno Jeman dari Singapura, Tanit Likitthamarak dari Thailand serta Le Thanh Tung (Crazy Monkey) dari Vietnam. Karya mereka dilukis di atas sepatu adidas UltraBOOST DNA, dalam koleksi City Pack, yang baru diluncurkan. 

Beli Sepatu Bola Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta, Warganet: Perhitungan dari Mana?

Senior Manager, Brand Activations adidas Indonesia, Cinita Dewi Mayakatri, mengatakan, melalui koleksi ini, mereka menghadirkan kembali edisi UltraBOOST DNA untuk alasan yang berbeda. 

"Kami ingin merayakan beragam identitas dan budaya di kawasan Asia Tenggara dengan menciptakan desain yang bermakna dan tergambar dengan baik dalam siluet ikonis. Selain itu, kami juga ingin lebih memberdayakan individu-individu kreatif dari Asia Tenggara dengan menyediakan platform berskala global yang memungkinkan mereka untuk lebih dilihat, didengar dan bebas mengekspresikan cara pandang mereka yang beragam terhadap dunia melalui desainnya," kata dia dalam keterangannya, Selasa 9 November 2021. 

Dari Suede Hingga OldSkool, Tingkatkan Gaya dengan Lima Pilihan Sneakers Paling Trendy Saat Ini

Berikut enam desain budaya dari enam negara berbeda, yang tertuang dalam satu koleksi sepatu. 

Indonesia
Terinspirasi dari keberagaman budaya dan kekayaan warna kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, desainer mode Yeri Afriyani, menciptakan pola warna-warni yang terdiri dari berbagai bentuk unik. 

Masing-masing bentuk mewakili berbagai kepribadian yang dapat dengan mudah ditemui di seluruh pelosok negara kepulauan ini. Sepatu versi Indonesia ini juga dilengkapi dengan beragam warna di sepanjang badan sepatu untuk mencerminkan bahwa Indonesia penuh dengan kekayaan budaya.

Malaysia
Wayang Kulit atau yang juga dikenal sebagai Shadow Puppetery, merupakan salah satu bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia. Untuk menghormati tradisi ini, Jaemy Choong, seorang desainer grafis dari Malaysia memadukan unsur Wayang Kulit dengan palet warna yang modern.

Filipina
Untuk menyalurkan memori masa kecilnya tumbuh besar di Filipina dan terdorong hasrat untuk menghubungkan masa lalu dengan masa kini, Greg Guleserian atau Egg Fiasco, seorang seniman kontemporer, membangun konsep dasar desainnya dari video game. 

Hal ini terlihat dari bagian sock-liner sepatu rancangannya yang didesain menyerupai bahasa game. Selain itu, terinspirasi dari hal berbau virtual lainnya, Egg menambahkan elemen warna oranye yang mencolok serta warna keemasan yang menggambarkan potions dan elixir yang biasa digunakan para gamers untuk memulihkan hidup mereka dalam game.

Singapura
Terinspirasi dari bentang alam Singapura yang futuristik dan efisien, serta cara kerja masyarakatnya yang sistematik, Eman Raharno Jeman (Clogtwo), seorang praktisi grafiti dan visual engineer, memasukkan bordiran ikon-ikon prosesor di bagian atas sepatu rancangannya dan melengkapinya dengan simbol versi mekanis dari ikon khas Singapura, Merlion di bagian tumit sepatu.

Thailand
Sepatu City Pack dari Thailand hadir untuk merayakan kerajinan anyaman tradisional khas Thailand yang terkenal dan banyak digemari di negara tersebut. Tanit Likitthamarak, sang desainer grafis di balik sepatu ini, mengaplikasikan pola anyaman yang kompleks dan sophisticated pada bagian sol dan tali sepatu rancangannya.

Vietnam
Le Thanh Tung (Crazy Monkey) adalah seorang seniman visual di balik desain City Pack dari Vietnam. Desain sepatunya terinspirasi dari budaya rakyat Vietnam yaitu lukisan Dong Ho yang telah diwariskan turun-temurun selama tiga abad serta Bat Trang Ceramics Village. 

Crazy Monkey menggabungkan bahasa desain yang unik dengan ikon-ikon khas Vietnam untuk memberikan tampilan yang segar dan modern pada UltraBOOST DNA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya