5 Cara Mengatasi Kulit Kering, Kelembaban Kulit Dijamin Kembali!

Ilustrasi jerawat/kulit kering berjerawat.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Kulit kering memang umum dialami oleh sejumlah orang dan merupakan kondisi umum yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Seseorang yang mengalami kulit kering juga bisa menjadi gejala yang serius sebagai penyakit kulit. Namun biasanya faktor lingkungan yang menghilangkan kelembaban kulit menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kulit kering. Sehingga cara mengatasi kulit sangat dibutuhkan. 

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Faktor lingkungan yang dapat memicu kulit menjadi kering diantaranya mulai dari cuaca yang panas, terlalu sering mandi dengan air panas, iklim yang kering dan sabun yang mengandung bahan keras. Namun tidak perlu terlalu khawatir karena gejala kulit kering dapat diatasi dengan beberapa cara yang dapat mengembalikan kembali kelembaban pada kulit. Mengutip dari healthline.com, berikut ini cara mengatasi kulit kering yang bisa dilakukan sendiri di rumah. 

1. Menggunakan Minyak kelapa

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Minyak kelapa.

Photo :
  • U-Report

Kulit kering dapat diatasi dengan menggunakan olesan minyak kelapa. Karena minyak kelapa memiliki sifat emolien yang dapat mengisi ruang pada sel-sel kulit dan membuat kulit menjadi lebih lembab dan lebih halus. Agar hasil lebih maksimal kamu dapat menggunakan minyak kelapa setiap hari di area kulit yang kering. Kamu tidak perlu mencampurkan minyak kelapa dengan bahan lainnya lagi karena minyak kelapa sudah cukup untuk melembutkan kulit dan mudah didapatkan. 

Air Kelapa Vs Air Lemon, Mana yang Lebih Banyak Manfaatnya untuk Tubuh?

2. Menggunakan Petroleum Jelly

Lip Balm Petroleum Jelly

Photo :
  • Viva.co.id/Anisa Widiarini

Menurut sebuah penelitian, produk petroleum jelly dianggap mampu menyembuhkan kulit seseorang yang berusia dewasa atau lebih tua. Petroleum jelly juga dapat menjadi lapisan pelindung untuk menutupi kulit yang kering. Sehingga kelembaban kulit tetap terjaga dan dapat menyembuhkan kulit kering dan teriritasi. 

3. Menggunakan Pelembab Udara

Salah satu cara untuk mengatasi kulit kering adalah dengan menggunakan pelembab udara saat berada di dalam ruangan. Pelembab udara dianggap mampu membantu meminimalkan kekeringan pada kulit yang disebabkan udara yang kering atau saat kamu berada di dalam ruangan ber-ac seharian. Meskipun gas dan panas listrik menghilangkan kelembaban dari udara, pelembab udara yang diatur menjadi 60 persen sudah cukup untuk mengimbangi efek ini. 

4. Menggunakan Sarung Tangan

Sarung tangan karet lansiran rumah mode Calvin Klein.

Photo :
  • homes.nine.com.au

Tangan kita menjadi yang paling sering mengalami kontak langsung dengan lingkungan. Misalnya seperti saat sedang mencuci piring dan mencuci baju. Karena sabun cuci piring dan deterjen dapat membuat kulit menjadi kering. Maka dari itu, kamu harus membiasakan diri untuk memakai sarung tangan saat tangan berada di dalam air. Tangan juga bisa menjadi kering saat suhu turun dan saat sedang  berada di luar ruangan dengan cuaca yang dingin.

5. Banyak Mengonsumsi Antioksidan dan Omega-3

Makanan sehat lokal

Photo :
  • U-Report

Saat kulit kering, bisa jadi itu menjadi pertanda bahwa sel kulit mengalami kerusakan lebih cepat daripada yang bisa diperbaiki oleh tubuh. Sehingga untuk  mengatasi kulit kering karena sel kulit yang rusak kamu dapat memperbaikinya dengan mengonsumsi beberapa makanan yang kaya akan antioksidan. Kerusakan kulit dapat diminimalisir dan menumbuhkan sel-sel kulit baru yang sehat. 

Beberapa makanan yang mengandung antioksidan tersebut diantaranya seperti tomat, wortel, blueberry, kacang-kacangan seperti kacang polong. Selain itu konsumsi juga makanan yang kaya akan omega-3 seperti salmon. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya