Riasan Mata Tebal Rentan Picu Kerutan Kulit, Kok Bisa?

Ilustrasi make-up.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Pepatah 'Dari Mata Turun ke Hati' membuat area mata selalu menjadi salah satu masalah kecantikan utama bagi banyak perempuan. Tak heran, merias mata dengan rutin seolah menjadi keharusan namun rupanya ada bahaya penuaan dini seperti munculnya kerutan yang mengintai. Apa alasannya?

Kulit Cantik, Sehat dan Tampak Muda Bisa Didapat dengan Satu Cara, Apa Itu?

Timbulnya penuaan dini di wajah pun kerap terjadi lebih rentan pada sekitar mata sehingga perlu ditangani dengan saksama. Dokter spesialis kulit dr Arini Astasari Widodo, SpKK menjelaskan mengapa merawat area mata seringkali menjadi tantangan. Scroll untuk tahu lebih lengkap.

Ilustrasi Mata

Photo :
  • pixabay
Mengenal Treatment RF Virtue, Kurangi Kerutan Hingga Bopeng Bekas Jerawat

“Kulit di sekitar mata lebih tipis, lebih rapuh, memiliki jaringan yang lebih longgar, dan cenderung lebih sensitif dibandingkan area wajah lainnya. Area kulit bawah mata biasanya merupakan area yang cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus," tuturnya dalam peluncuran L'Oréal Paris Triple Roller Eye Serum, di Jakarta, Rabu 14 September 2022.

Lebih dalam, kulit di sekitar mata membutuhkan lebih banyak pelembab. Aktivitas dapat membuat otot dan organ mata kita bekerja lebih keras sepanjang waktu. Ini juga termasuk memberi riasan yang terlalu sering di mata. 

Masih Malas Double Cleansing? Ini 4 Bahayanya yang Wajib Kamu Tahu!

"Kulit di bawah mata sangat tipis, karena itu tekanan ekstra dari aktivitas sehari-hari berpotensi berkontribusi pada garis halus. Make up mata bikin kita sering pakai pembersih riasan dan tekanan itu bisa memicu garis halus kalau terlalu keras," tuturnya.

Ilustrasi wanita berkacamata

Photo :
  • Freepik/wayhomestudio

Seusai memakai riasan, banyak orang cenderung ingin membersihkan hingga tuntas dan tekanan tersebut membuat kulit sekitar mata terdampak. Terlebih pada riasan yang tebal dan jenis tahan air, butuh berkali-kali dibersihkan sehingga tekanan pun makin kuat.

"Harus bersikap lembut pada mata. Make-up waterproof apalagi, pasti membuat kita sering membersihkan dengan tekanan. Kalau dihapus terlalu keras bisa memicu garis halus," jelasnya lagi.

Ilustrasi Pengguna Make Up

Photo :
  • U-Report

Maka dari itu, dianjurkan memberi tekanan secukupnya pada mata saat membersihkan riasan di sekitarnya. Selain itu, cegah penuaan dini pada kulit di area mata dengan memakai tabir surya serta menerapkan pola hidup yang sehat seperti tidur dan istirahat cukup serta tidak merokok.

"Menggunakan pelindung matahari. Selalu pakai di bagian mata, kelopak dan bawahnya. Itu yang kita concern. Ingat bahwa tidak semua sunscreen disarankan area mata jadi harus pakai produk khusus," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya