Gelar Event Mode Internasional, LIMOFF Pamer Budaya Indonesia ke Pentas Dunia

Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF)
Sumber :
  • IG @limoff_ntb

JAKARTA – Ajang mode skala internasional akan segera digelar di Indonesia selama 4 hari, pada 6-9 Juli 2023 di Merumatta Hotel, Senggigi, Lombok, NTB. Gelaran Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF) ini akan diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (PemProv) Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Dekranasda NTB.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Gelaran mode ini berkolaborasi dengan Indonesian Fashion Chamber (IFC) menampilkan ratusan desainer ternama. LIMOFF sendiri merupakan perhelatan fesyen skala internasional yang pertama kalinya digelar di NTB. 

Festival ini akan mengintegrasikan berbagai kegiatan, seperti peragaan busana, lokakarya, kompetisi, talkshow dan pameran standar internasional. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi
Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

Selama empat hari penyelenggaraan LIMOFF 2023 akan menghadirkan 150 desainer dan jenama fesyen baik lokal, nasional, hingga internasional.

Selain fesyen, LIMOFF akan menjadi ajang promosi sektor unggulan lainnya di NTB, yaitu pariwisata, kerajinan tangan, kecantikan, dan kuliner halal. LIMOFF 2023 akan dimeriahkan pula dengan pemecahan rekor MURI Penenun Terbanyak.

“LIMOFF bertujuan untuk mempromosikan dan merayakan warisan budaya NTB agar dapat dikenal lebih luas melalui fesyen yang digabungkan dengan pariwisata, handicraft, kecantikan, dan kuliner. Festival ini sebagai showcase untuk menampilkan potensi karya para kreator sektor fesyen meliputi jenama fesyen dan pengrajin tekstil di NTB,” jelas Niken Zulkieflimansyah, Ketua Dekranasda NTB, Founder LIMOFF.

Hadir di Jakarta

Kegiatan roadshow LIMOFF 2023 telah giat dilakukan untuk memperkenalkan dan mempromosikan acara ini ke berbagai kota besar di Indonesia, bahkan sampai ke Malaysia.

Roadshow LIMOFF 2023 ditujukan pula untuk mengundang desainer maupun jenama modest fesyen nasional dan internasional turut berpartisipasi dalam LIMOFF 2023. 

Acara Road to LIMOFF 2023 kini hadir di Jakarta. Bersinergi dengan Women's International Club (WIC) Jakarta dan Sarinah, Road to LIMOFF 2023 di Jakarta menghadirkan acara Fashion Gathering yang bertempat di Sarinah - Panggung Karya Indonesia. 

Selain memperkenalkan tentang LIMOFF 2023, rangkaian kegiatan Road to LIMOFF 2023 ini menghadirkan pertunjukan tari kontemporer NTB, peragaan busana perwakilan karya yang akan ditampilkan dalam acara LIMOFF 2023 mendatang, dan bazaar produk unggulan NTB.

President of Women's International Club (WIC) Jakarta, Nina Handoko, mengatakan bahwa pihaknya sangat antusias mendukung LIMOFF 2023. WIC sebagai perkumpulan perempuan di ibukota Jakarta yang memiliki ratusan anggota baik dari Indonesia maupun para ibu expatriates negara-negara sahabat. 

"Berpartisipasi dalam modest fashion festival merupakan hal baru bagi kami, padahal organisasi kami sudah berdiri lebih dari 70 tahun. Sangat membanggakan kami dapat turut mensosialisasikan LIMOFF ke masyarakat ibukota khususnya,” ujar Nina Handoko.

“WIC dan LIMOFF dimotori oleh perempuan-perempuan hebat Indonesia. Kami membantu perempuan-perempuan Indonesia lainnya untuk semakin giat berkarya dengan caranya masing-masing," papar Nina.

Lebih lanjut Nina memaparkan bahwa LIMOFF merupakan ide brilian untuk menempatkan Indonesia di mata fesyen dunia. Acara Road to LIMOFF 2023 ini turut dihadiri para istri duta besar negara tetangga di antaranya dari negara Nigeria, Mauritania, Moroko, sampai Ekuador dan Selandia Baru.

"Selama ini orang mengenal Lombok dengan keindahan alamnya, kecantikan tenunnya, dan juga kecanggihan sirkuit Mandalika. Sekarang fesyennya pun bisa mendunia," tambahnya.

Sarinah sebagai panggung karya Indonesia memiliki tujuan untuk mengangkat budaya bangsa dan memperkenalkan karya-karya Indonesia kepada dunia internasional.

Melalui acara LIMOFF, Sarinah bersama dengan perempuan-perempuan hebat dari Women’s International Club (WIC) Jakarta berkolaborasi dalam upaya untuk memberikan panggung bagi karya-karya Indonesia khususnya wastra dari Lombok, NTB untuk meningkatkan apresiasi terhadap kekayaan budaya bangsa. 

Corporate Secretary PT Sarinah Haslinda Triekasari mengungkapkan antusiasmenya terhadap peran PT Sarinah sebagai panggung karya untuk acara LIMOFF.

Haslinda menyatakan bahwa pihaknya bangga dapat menjadi bagian dari Lombok International Modest Fashion Festival yang memiliki misi yang sangat penting ini. 

"Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat mempromosikan kekayaan budaya Indonesia kepada dunia, serta mendukung perkembangan industri modest fashion di Tanah Air, khususnya dari NTB," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya