Cara Memilih Bahan Jas yang Cocok dengan Karakter Orang Indonesia

Ilustrasi Memilih Bahan untuk Pakaian
Sumber :
  • ist

JAKARTA – Memilih setelan jas yang tepat ternyata tidak hanya berhubungan dengan gaya, tetapi juga kenyamanan dan bahan dasar jas itu sendiri. Abie Kurniawan, selaku Founder dari Kaye Brothers Tailor, salah satu tailor ternama di Jakarta, memberikan pandangan mengenai pentingnya memilih bahan yang tepat dalam pembuatan setelan jas.

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor

"Kita sendiri selalu menyediakan kain wool dengan gramasi yang lebih kecil agar cocok dengan cuaca Indonesia. Jadi dari tekstur tidak tebal, justru lebih ringan dan adem. Nah, soal gramasi kecil itu bukan berarti kualitasnya lebih jelek atau ringkih, justru proses produksi kain wool inilah yang paling challenging. Detailnya lebih spesifik," ujar Abie Kurniawan.

Ia menekankan bahwa kain wool menjadi rekomendasi bahan terbaik dalam pembuatan jas, bahkan di iklim tropis seperti Indonesia.

Mendag Zulhas Cek Harga Sembako di Kota Bogor: Harga Mulai Turun, Alhamdulillah

Di dunia tailor, kain wool dikenal sebagai bahan alami yang berasal dari serat bulu domba atau hewan berbulu tebal lainnya. Karakteristik kain wool adalah teksturnya yang tebal namun lentur, serta kemampuannya dalam menyerap keringat. Menurut Abie Kurniawan, berkat inovasi dan kemajuan teknologi, kain wool kini bisa disesuaikan dengan iklim di Indonesia.

Modinity Fashion Parade 2024, Dian Pelangi Hadirkan Songket Palembang Lewat Benang pelangi

Sebagai salah satu langkah inovasi, Kaye Brothers Tailor menjalin kolaborasi dengan produsen wool berkualitas tinggi asal Huddersfield, Inggris.

Menariknya, proses produksi di Huddersfield menggunakan air dengan tingkat kebasaan yang sangat rendah, yang diyakini oleh penduduk setempat sebagai "magical", sehingga menghasilkan kualitas wool yang berbeda dan termasuk yang terbaik di dunia.

"Menurut penduduk setempat, air disana itu “magical” sehingga saat digunakan untuk mencuci wool yang masih mentah, akan menghasilkan kualitas yang sangat berbeda, special, dan bahkan termasuk yg terbaik di kelas dunia. Apalagi pasca revolusi industri, mereka mengombinasikan dengan teknologi. Kualitasnya semakin meningkat," katanya.

Abie Kurniawan

Photo :
  • dok pri

Pilihan kualitas ini tentu saja datang dengan investasi yang cukup besar. Harga jas dari kain wool Huddersfield ini mencapai Rp30 juta hingga Rp40 juta rupiah per set. Meski demikian, Kaye Brothers Tailor menawarkan konsep "bespoke experience" yang memungkinkan customer memilih desain jas sesuai dengan kebutuhan mereka. 

"Melalui kolaborasi ini, Kaye Brothers Tailor ingin menyajikan kesempatan buat customer di Indonesia agar dapat merasakan seperti apa mengenakan setelan jas dengan bahan terbaik di dunia. Ditambah lagi dengan konsep bespoke experience yang kami tawarkan. Customer akan mendapatkan produk dan pengalaman terbaik," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya