Kulit Berminyak Tetap Butuh Pelembap, Begini Penjelasan Dokter

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.
Sumber :
  • Freepik/senivpetro

JAKARTA – Tak sedikit orang yang salah kaprah dengan menganggap bahwa kulit berminyak tidak memerlukan pelembap atau moisturizer. Mereka menganggap, kulit berminyak sudah lembap sehingga tidak memerlukan skincare yang berfungsi untuk melembapkan. 

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Namun, anggapan tersebut ditepis oleh Dokter Estetika dan Kecantikan, dr. Abelina, MM,MARS. Dia menjelaskan, kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap untuk mengunci air. Apa gunanya? Yuk, scroll untuk mengetahui jawabannya. 

"Jadi kulit tetap butuh air, kalau gak dijaga kelembapannya malah wajah jadi mudah gatel, karena bakteri mudah menempel di wajah yang berkeringat itu," ujar dr. Abelina dalam acara Embryolisse Unveiled: The French Beauty Secret, di Jakarta. 

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Lebih lanjut, dokter Abelina mengungkapkan, cara paling mudah memilih pelembap untuk kulit berminyak adalah dengan membaca anjuran dalam kemasan. Biasanya, kemasan produk diberi keterangan apakah untuk kulit berminyak, kering atau normal. 

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Selain itu, Abelina juga menyarankan, khusus untuk kulit berminyak, sebaiknya pilih moisturizer berbahan dasar air atau berbentuk krim dan bukan gel. Kenapa?

"Kriteria gel ini hanya akan membuat wajah terkesan 'meleleh'. Bahkan cenderung tidak aman jika digunakan sebagai bahan dasar makeup," ungkapnya. 

Tidak kalah penting, cobalah untuk memilih pelembap non komedogenik. Hal itu karena kulit berminyak cenderung lebih mudah mengeluarkan sebum yang bisa menumpuk di pori-pori kulit sehingga komedo mudah terbentuk. 

"Sehingga jika pelembap tidak ada keterangan non komedogenik, bisa membuat jerawat gampang bermunculan," bebernya. 

Bicara pelembap, Embryolisse juga menyediakan rangkaian produk yang berfokus pada hydration, nutrition dan protection. Tasha Siti Nabila, juru bicara Embryolisse mengatakan, sejak pertama kali diperkenalkan, produk ini langsung menjadi favorit para makeup artist dan artis Hollywood.

"Produk unggulan kami, Lait Creme Concentre, telah menjadi best seller yang sangat digemari. Dengan fungsi 6 in 1, produk ini menggabungkan peran sebagai moisturizing cream, makeup base, mask, cleansing milk, after-shave, dan juga after-sun care," jelasnya. 

Dokter Abelina menambahkan, Lait Creme Concentre mengandung bahan-bahan alami dari formulasi dermatologi Prancis yang cocok untuk kulit normal hingga kering. Beberapa di antaranya adalah soy protein untuk melembapkan, Aloe vera untuk menenangkan, beeswax untuk melindungi, serta shea butter yang menutrisi dan melembutkan kulit.

"Selain Lait-Creme Concentre, terdapat Lait-Creme Fluid untuk jenis kulit yang lebih berminyak dan dapat digunakan untuk tubuh, serta Lait-Creme Sensitive untuk mereka yang memiliki kulit sensitif," tutur dr. Abelina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya