Intip Persiapan Indonesia Fashion Week (IFW) 2024

Persiapan IFW 2024.
Sumber :
  • APPMI.

JAKARTA – Menuju #RoadtoIFW2024, Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) mencari icon Indonesia Fashion Week (IFW) 2024. 

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Proses pencarian dimulai dari Agustus 2023 di mana komite IFW telah melakukan audisi di beberapa kota sebelumnya yakni Surabaya dan Medan. Sekarang saatnya audisi final dilakukan di Jakarta. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Sama seperti tahun sebelumnya, icon IFW adalah model dengan talenta luar biasa. Bukan sekadar jago di catwalk, tapi mereka harus punya persona dan kompetensi diri yang paripurna. 

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Ketua Umum APPMI Poppy Dharsono menjelaskan lebih detail karakter apa saja yang perlu dimiliki oleh icon IFW 2024. 

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

"Icon IFW 2024 harus model profesional, versatile, dan adaptif. Mereka juga memiliki persona dan kharisma, lalu punya social media presence dengan engagement yang kuat," jelas Poppy Dharsono saat konferensi pers di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin 27 November 2023. 

Tak hanya itu, lanjut Poppy, icon IFW 2024 juga dituntut memiliki ketahanan yang baik dalam melakukan berbagai tuntutan pekerjaan. Poin penting lainnya adalah memiliki pengaruh di dunia fashion ataupun industri kreatif dan budaya. 

"Bahkan, di tahun ini kami akan melihat juga apakah icon terpilih memiliki pengetahuan dan kecintaan akan budaya Nusantara yang baik atau tidak," jelas Poppy Dharsono yang juga adalah Presiden IFW 2024. 

Kenapa kriterianya begitu banyak? Menurut Poppy, itu karena icon IFW 2024 akan menjadi representatif dari Indonesia Fashion Week itu sendiri, sehingga sosok yang dicari tidak bisa sembarangan. 

Lebih lanjut kata Poppy, menjadi icon IFW 2024 adalah pencapaian yang membanggakan. Sebab, APPMI akan memastikan icon menjadi wajah dari IFW 2024. Tak berhenti di situ, APPMI juga akan mendorong icon terpilih memiliki kemampuan lain di luar modeling, salah satunya kemampuan untuk live streaming di dunia digital. 

"Hal ini bagi kami penting agar mereka dapat terbiasa berkomunikasi dan membawa diri di ranah publik, serta mempresentasikan suatu brand lebih jauh, tak hanya berjalan mempresentasikan koleksi atau difoto," ungkap Poppy. 

Dalam menentukan icon IFW 2024, Poppy Dharsono tidak bekerja sendiri, melainkan dibantu oleh beberapa nama yang ahli di bidangnya. 

Judge Icon Search IFW 2024 antara lain Poppy Dharsono selaku Presiden IFW 2024, Puji Hastuti (Kabid Ekraf Pemprov DKI Jakarta), Irlan Leksi (senior koreografer), Jacky Suharto (IFW 2024 Campaign Video & Photo Director), dan Ajeng Swastiari (Fashion Director & Consultant IFW 2024). 

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 sendiri akan menjadi pekan mode pertama Indonesia di tahun 2024. IFW 2024 diselenggarakan pada 27-31 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC). 

"Untuk kampanye dan tema IFW 2024 akan kami umumkan pada acara pre-launching IFW yang akan dilaksanakan awal tahun 2024," jelas Poppy Dharsono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya