Parfum Ternyata Bisa Tingkatkan Emosi Positif, Kurangi Stres dan Tingkatkan Suasana Hati

Memakai parfum
Sumber :
  • egypttoday.

VIVA Lifestyle – Wewangian khususnya parfum kini makin diminati. Tidak hanya dapat mengharumkan tubuh dan bikin percaya diri, manfaat parfum jauh lebih besar dari itu, termasuk dapat meningkatkan emosi positif. 

Mengenal Tantrum Manipulatif dan Tantrum Frustasi pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

Ya, secara ilmiah, respons penciuman terkait dengan pusat emosi di otak manusia dan berkorelasi langsung dengan pengalaman masa lalu. Menurut penelitian tahun 2011 yang dilakukan oleh Masahiro dan kawan-kawan, emosi positif yang ditimbulkan oleh wewangian tertentu telah terbukti menurunkan tingkat stres dan meningkatkan pandangan mental secara keseluruhan. Yuk, scroll untuk info selengkapnya. 

Sementara Stephen Warrenburg dari Universitas Oxford pun berpendapat bahwa aroma secara signifikan dapat mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Psikolog Irma Gustiana A.,A.Psi.,M.Psi., pun menguatkan pernyataan tersebut. Menurutnya, aroma dapat memengaruhi suasana hati seseorang.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

"Aroma atau wewangian bisa memengaruhi suasana hati seseorang. Sebab secara ilmiah, aroma mengirimkan sinyal ke sistem limbik, yaitu sektor otak yang mengontrol memori dan emosi," ujarnya dalam acara peluncuran MS GLOW Aura Series Eau de Perfume.

Lebih lanjut menurut Irma, aroma tertentu dapat memicu kenangan dan memainkan peran dalam kesejahteraan emosional seseorang. 

"Trinitas aroma, memori dan emosi ini menjelaskan mengapa aroma memiliki kekuatan untuk memengaruhi suasana hati dan kesejahteraan psikologis kita," jelasnya. 

Founder MS GLOW dan J99 Corp., Shandy Purnamasari, memahami, saat ini penggunaan parfum telah menjadi gaya hidup yang fungsinya tidak hanya sekadar untuk membuat tubuh terasa segar dan harum, namun juga untuk memperbaiki mood, meningkatkan produktivitas, dan membentuk rasa percaya diri. 

"MS GLOW Aura Series Eau de Perfume memiliki tiga pilihan aroma yang kuat dan bertahan hingga 8 jam, yaitu Revival, Recharge, dan Bollywood, yang bisa disesuaikan dengan kepribadian para pemakainya," kata dia saat memperkenalkan series parfumnya yang baru diluncurkan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya