Bahaya Penggunaan Alas Kaki yang tak Nyaman

Ilustrasi sepatu kulit.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Alas kaki berupa produk seperti sepatu dan sandal seringkali dipakai untuk melindungi kaki terutama bagian telapak kaki.

Barang Impor Bawaan Penumpang Dibatasi Bea Cukai, Jumlahnya Segini

Alas kaki juga bermanfaat melindungi kaki agar tidak cedera dari kondisi lingkungan seperti permukaan tanah yang berbatu-batu, berair, udara panas, maupun dingin. Namun terkadang, penggunaan alas kaki yang tidak pas sesuai ukuran atau terlalu sempit, bisa menimbulkan cedera kaki. Bahkan tak jarang menimbulkan lecet dan bengkak.

Untuk itu, agar terhindar dari masalah cedera kaki, akan lebih baik menggunakan alas kaki yang nyaman.

Lakukan Brand Relaunch, FitFlop Berinovasi untuk Gaet Generasi Muda

Dan perlu Anda tahu, ada banyak hal yang bisa menyebabkan timbulnya rasa sakit di kaki, ataupun bengkak saat menggunakan sepatu atau sandal kesayangan. Nah, mungkin saja disebabkan oleh beberapa hal ini dan berikut tips untuk menghilangkan bengkak tersebut, dikutip dari laman Prevention.

1. Bertumpu pada kaki seharian

Koleksi Sepatu Ikonis dengan Desain Klasik, Hadir di Surabaya

Kemungkinan besar, aktivitas Anda yang bertumpu pada kaki selama seharian seperti berjalan atau hanya berdiri, membuat adanya rasa sakit. Untuk menghilangkannya, luruskan kaki dan angkat minimal setinggi jantung agar sirkulasi darah berjalan lancar.

2. Alas kaki terlalu sempit

Meski lucu dan menarik, beberapa alas kaki sebenarnya tidak baik jika digunakan terus menerus. Tiga hal yang seharusnya dipahami dalam memilih sepatu yaitu mendukung, memiliki bantalan, dan menyerap keringat dengan baik.

3. Berat badan naik

Berat badan yang meningkat, dapat menyebabkan volume telapak kaki juga bertambah. Hal ini biasa terjadi pada mereka yang hamil, di mana terlihat pada trimester ketiga. Lalu, bagaimana mengakalinya? Cari alas kaki yang memang tidak terlalu ketat, sehingga nyaman untuk digunakan saat beraktivitas.

4. Kelainan sirkulasi

Salah satu kelainannya yaitu varicose vena, di mana pembuluh darah vena di kaki tidak mampu membawa aliran darah kembali ke jantung dan menetap di kaki. Jika hal ini dicurigai ada pada tubuh, maka segera temui dokter.

5. Infeksi

Adanya infeksi akibat bakteri atau jamur di kaki, termasuk di jari, dapat sebabkan peradangan pada seluruh kaki Anda. Segera periksa ke dokter untuk diberikan resep antibiotik dan menghilangkan nyeri serta bengkak di kaki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya