Sejumlah Departemen Store Depak Label Ivanka Trump

Ivanka Trump
Sumber :
  • REUTERS/Lucy Nicholson

VIVA.co.id – Dua departemen store besar di Amerika Serikat, Nordstrom dan Neiman Marcus menyatakan telah menghentikan penjualan label fesyen maupun perhiasan Ivanka Trump secara online atau di toko-toko milik mereka. Itu dilakukan karena penjualannya yang buruk.

10 Prediksi The Simpsons di 2022, Ada Ivanka Trump

Nordstrom membantah bahwa keputusan itu karena alasan politik. Neiman Marcus juga memberi alasan yang sama. "Penjualan perhiasan mewah Ivanka Trump di Neiman Marcus sangat minim," kata mereka, seperti dilansir dari WomensHealth.

Dalam situs Nordstrom, jumlah produk Ivanka yang dijual telah berkurang, hanya empat pasang sepatu dengan diskon hingga 40 persen. Putri Presiden AS itu juga tidak lagi terdaftar sebagai desainer di situsnya.

Bisnis Karoseri Bus Nol Orderan hingga Kontroversi Ivanka Trump

Menanggapi hal itu, juru bicara label Ivanka Trump mengatakan bahwa Nordstrom hanya menghentikan penjualan label Ivanka hanya untuk musim semi. Menurutnya, Nordstrom hanya membatalkan pesanan sepatu, tidak pakaian. Pakaian hanya dipindahkan dari penjualan online menjadi di toko.

"Kami percaya bahwa kekuatan merek diukur tidak hanya dari keuntungan yang dihasilkannya tapi integritas untuk mempertahankannya," kata Rosemary K. Young, Direktur Senior Pemasaran label Ivanka Trump.

Kontroversi Ivanka Trump Lantaran Perannya Tidak Jelas di Gedung Putih

Keputusan Nordstrom dan Neiman Marcus ini datang setelah boikot produk merek Trump melalui gerakan Grab Your Wallet. Kampanye, yang dimulai pada bulan Oktober tahun lalu itu mendesak masyarakat untuk memboikot toko-toko yang menjual produk Donald Trump dan keluarganya.

Selain dua departemen store itu, peretail Belk juga tidak lagi menjual produk Ivanka di situsnya. Selain itu, situs belanja online, HSN.com dan Jet.com juga melakukan hal yang sama. Sedangkan Macy's berada dalam tekanan lantaran didesak untuk melakukan langkah serupa.

Dikutip dari Fortune, banyak pembeli yang sudah mulai memboikot perusahaan yang melakukan bisnis dengan keluarga Trump karena marah dengan kebijakan kontroversial yang dibuatnya. "Nordstrom telah mendepak (label) Trump, silakan mengikuti," komentar pelanggan pada halaman Macy's di Facebook.

Selain itu, komentar lain berbunyi agar Macy's berhenti menjual label Ivanka Trump karena menodai citra dan kredibilitas mereka. Selain keluhan dari pelanggan, Macy's juga mengalami tekanan internal.

Business Insider melaporkan bahwa beberapa karyawan perusahaan telah menyatakan ketidakpuasan mereka harus menjual label Ivanka, menyusul terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya