Alat Ini Bisa Buat Kegiatan Memasak Jadi Lebih Menyenangkan dan Menyehatkan

Ilustrasi memasak dan memanaskan makanan.
Sumber :
  • Pexels/Martin Lopez

JAKARTA – Kemajuan teknologi dalam peralatan dapur semakin pesat. Salah satu inovasi terbaru yang diunggulkan adalah cooker hood dengan fitur pengisap asap dan infrared yang mampu mengisap asap secara otomatis tanpa harus disentuh.

Jokowi Tawarkan CEO Microsoft Bangun Pusat Riset Teknologi di IKN

Pameran bahan bangunan, interior, dan arsitektur terbesar di Indonesia, Indo Build Tech, menjadi ajang perkenalan produk-produk unggulan ini. Salah satu merek peralatan dapur premium asal China, Fotile, menghadirkan dua jenis cooker hood terbaru yang siap menghiasi pasar Indonesia. Scroll lebih lanjut ya.

"Jadi, dia secara otomatis menangkap suhu panas lalu cooker hood akan hidup dan menghisap asap secara otomatis," kata Mesy, Asisten Direktur Fotile Indonesia, dalam keterangannya.

Kiamat Diprediksi Ilmuwan Bakal terjadi Tahun 2026, Ini Penjelasannya

Kenyamanan dan kebersihan, alat ini menjadi solusi bagi para chef dan penghuni dapur. Pemasangan cooker hood dilakukan dengan jarak sekitar 500 hingga 700 milimeter dari atas kompor.

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

Fitur infra red yang tertanam dalam alat ini bertujuan untuk memberikan kebersihan dan kesehatan yang lebih saat memasak. Asap yang timbul saat memasak tidak akan lagi terperangkap di area dapur, melainkan langsung disedot oleh alat ini.

"Kami  terus kembangkan teknologi. Agar masyarakat Indonesia bisa merasakan kenyaman saat memasak atau betah berlama-lama di dapur," ujarnya.

Namun, penggunaan teknologi ini juga perlu diiringi dengan perawatan yang tepat agar dapat bertahan lama. Mesy menyarankan pengguna untuk rutin membersihkan motor penggerak dalam alat ini setiap dua hingga tiga tahun sekali. Untuk membersihkan bagian luarnya, cukup dengan mengelapnya menggunakan kain bersih.

Fotile menawarkan cooker hood ini dengan harga mulai dari Rp9 juta hingga Rp11 juta per unit. Meski begitu, produk ini belum tersedia secara langsung di pasaran, melainkan calon pembeli harus melakukan pemesanan terlebih dahulu dan dijadwalkan akan tersedia pada bulan depan.

"Mulai bulan Agustus, produk kami sudah dapat dipasarkan di masyarakat Indonesia," jelas Mesy.

Cooker Hood

Photo :
  • ist

Sudah sejak tahun 2016, merek Fotile mulai memasuki pasar Indonesia. Mereka melihat peluang yang besar ketika konsumen di Indonesia semakin tertarik dengan peralatan dapur canggih. Dengan adanya peralatan ini, proses memasak dapat menjadi lebih aman dan nyaman tanpa khawatir akan kotor, berbau asap, atau berminyak.

"Dari awal masuk ke Indonesia, kami memang ingin menghadirkan peralatan dapur yang lebih cerdas, lebih sehat dan berteknologi. Sehingga saat masak, tidak perlu lagi takut kotor, berasap, penuh minyak," kata Direktur Fotile Indonesia, Sun Ling.

Mereka menginvestasikan modal besar dalam pengembangan teknologi peralatan dapur. Hingga saat ini, mereka telah menciptakan lebih dari 9.800 produk yang menjadi bukti dedikasi mereka terhadap industri ini.

Indo Build Tech 2023 tidak hanya memperkenalkan cooker hood, tetapi juga banyak teknologi inovatif lainnya. Produk-produk terbaru ini tidak hanya berasal dari peserta dalam negeri, melainkan juga dari negara-negara lain seperti China, Rusia, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, dan Qatar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya