5 Manfaat Punya Rumah Dekat dengan Alam, Bisa Kurangi Risiko Kematian Dini

Ilustrasi konsep rumah bergaya klasik
Sumber :
  • hgtv.com

SENTUL CITY – Memiliki rumah yang dikelilingi dengan pepohonan dan pemandangan alam menjadi impian banyak orang. Tidak hanya menenangkan, hunian dekat alam ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Banyak penelitian ilmiah menunjukkan, hidup dekat dengan alam secara positif dapat memengaruhi kesehatan mental, fisik, dan emosional seseorang. Karena apa pun yang Anda lihat, dengar dan rasakan, akan memengaruhi suasana hati dan fungsi sistem tubuh Anda. Berikut beberapa manfaat jika memiliki hunian dekat dengan alam, dilansir Brittany, Sabtu 8 Juli 2023. Yuk, scroll.

Memengaruhi suasana hati
Sebuah penelitian yang dilakukan di AS menemukan bahwa berjalan di alam dapat meningkatkan suasana hati dan ingatan seseorang dibandingkan berjalan di wilayah perkotaan. Kontak dengan alam dalam bentuk apa pun, dapat meningkatkan kesehatan spiritual dan memberi otak pemahaman yang lebih dalam tentang kehidupan. 

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Meningkatkan fokus dan memori
Terlepas dari riwayat kesehatan mental Anda, menghabiskan waktu di alam akan meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Satu studi menemukan bahwa berjalan di alam mampu meningkatkan memori jangka pendek sebesar 20 persen. 

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Menghormati alam
Menurut penelitian, orang-orang yang tinggal di dekat alam bisa membentuk hubungan yang mendalam dan bermakna dengan alam. Orang yang tinggal di dekat alam juga lebih cenderung peduli untuk melestarikannya.

Mengurangi risiko kematian dini
Sejumlah penelitian di seluruh dunia membuktikan bahwa hidup dekat dengan alam akan membuat Anda hidup lebih lama. Hal itu karena, lingkungan hidup yang tidak tercemar berarti risiko untuk sakit atau tertular virus akan lebih rendah. 

Menghilangkan stres
Dalam beberapa tahun terakhir, terapi alam telah diusulkan sebagai solusi untuk menghilangkan stres dan membantu meningkatkan kesehatan. Terapi alam, atau disebut Ekoterapi, didefinisikan sebagai suatu pendekatan yang didasarkan pada gagasan bahwa manusia memiliki ikatan yang kuat dengan lingkungan dan bumi mereka. Alam dapat berdampak besar pada kondisi mental kita.

Bicara tempat tinggal dekat dengan alam, hunian Spring Valley yang berada tepat di kaki Gunung Pancar juga mendapat sambutan yang sangat baik dan terjual habis dalam waktu singkat. 

Berjarak 40 km via tol dari Jakarta, kawasan perkotaan Sentul City dengan luas lahan sebesar 3.100 ha, telah dikembangkan oleh PT Sentul City Tbk sebagai Master Developer seluas 1.500 ha sebagai kota mandiri yang prestisius dan terintegrasi.

Beragam fasilitas perkotaan telah berdiri mulai dari Universitas Trisakti Sentul, Sekolah Pelita Harapan Sentul City, AEON Mall Sentul City, IKEA Sentul, Rumah sakit EMC Sentul, Sentul Highlands Golf Club, yang dilengkapi dengan hamparan luas pemandangan pegunungan indah yang menyejukkan.

Surga destinasi wisata alam juga tersedia di Sentul City, termasuk pemandian Air Panas Gunung Pancar yang berasal dari sumber mata air alami yang berada di Kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Goa Garunggang adalah satu-satunya gua dengan keunikan formasi batu yang mirip dengan tebing Grand Canyon di Amerika Serikat. 

Leuwi Hejo merupakan air terjun yang berada di Sentul City memiliki 4 curug yaitu curug Leuwi Hejo, Leuiwi Lieuk, Leuwi Cepet dan Curug Barong yang sering disebut sebagai Green Canyon Bogor dengan air yang sangat jernih dan keindahan alam yang menakjubkan merupakan objek wisata pilihan para pecinta alam.  

Selain itu, KM 0 Sentul yang berada di ketinggian 650 mdpl menjadi rute populer di kalangan pesepeda karena medannya yang menantang sekaligus berpemandangan indah. Rute ini menjadi pilihan yang digemari oleh Andreas Nawawi selaku Direktur PT Sentul City Tbk sebagai pecinta olahraga bersepeda.

"Hari ini kami menunjukkan komitmen PT Sentul City Tbk terhadap stakeholders bahwa kami mempunyai visi yang sangat jelas, tajam, dan bukan hanya sekadar rangkaian kata-kata. Ini menjadi salah satu wujud bukti nyata komitmen kami, bahwa kami sedang bekerja keras dengan sangat serius mewujudkan banyak terobosan signifikan,” ujar Timotius Thendean, Marketing Director PT Sentul City Tbk., saat meresmikan Ground Breaking perdana untuk hunian Spring Valley di Sentul City, belum lama ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya