5 Trik Beberes Rumah Cepat dan Efisien, Emak-emak Wajib Tahu!

Ilustrasi membersihkan rumah.
Sumber :
  • Pixabay/ klimkin

TANGERANG – Beres-beres rumah adalah satu pekerjaan yang cukup melelahkan. Butuh waktu khusus jika ingin membersihkan seluruh area rumah, belum lagi rasa lelah yang bakal mendera usai membersihkannya. 

Rumah dan Sekolah di Tasikmalaya Juga Rusak Akibat Gempa Garut, 13 KK Terdampak

Namun sebenarnya, jika Anda mengetahui triknya, proses pembersihan rumah bisa menjadi lebih cepat dan mudah. Bagaimana caranya? Berikut beberapa trik membersihkan rumah, dilansir Womans Day, Sabtu 15 Juli 2023. Yuk, scroll.

Rapikan dulu
"Sebelum Anda membersihkan, menyeka, dan menggosok, salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah angkat dan singkirkan semua (yang) terkumpul di lantai," kata Sharon Lowenheim, MBA, MSE, penyelenggara profesional bersertifikat, dan pendiri Organizing Goddess, Inc.

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Setelah itu, lakukan hal yang sama pada semua ruangan dan permukaan. 

Rumah di Jaktim Roboh saat Renovasi, 1 Warga Tewas Tertimpa

Sediakan wadah pembersih
Mulailah dengan menyediakan wadah khusus untuk semua produk pembersih Anda. Sediakan satu ember yang bisa dibawa berkeliling rumah saat Anda hendak membersihkannya. 

Buat jadwal
Membuat jadwal kapan Anda akan membersihkan rumah akan membuat rumah selalu nampak bersih dan rapi sekaligus menyimpan tenaga Anda. Tidak ada gunanya membersihkan ruangan yang sama berulang kali jika Anda mengabaikan bagian lain dari rumah Anda. Buatlah jadwal pembersihan menjadi daftar harian, mingguan dan bulanan. Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari lagi untuk membersihan seluruh rumah lagi. 

Bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras
Dibanding dengan cara manual, cobalah membeli peralatan yang bisa membantu pekerjaan Anda lebih cepat. Kini, sudah banyak dijual 'pembersih pintar' yang membuat pekerjaan rumah Anda menjadi lebih efisien. 

Coba metode pembersihan total
Cobalah untuk membersihkan seluruh rumah di setiap sesi pembersihan, bukan hanya satu ruangan pada satu waktu. Membersihkan debu, mengepel, dan lain-lain lakukan pada satu waktu yang sama. 

"Kesalahan terbesar yang dilakukan orang adalah membersihkan kamar demi kamar (juga dikenal sebagai pembersihan zona). Anda dapat membersihkan dapur dalam 4 jam, atau membersihkan seluruh rumah Anda dari atas ke bawah dalam 4 jam," ujar Lisa Romero, pemilik Just Like New Cleaning di Fort Collins, Colorado. 

Ilustrasi disinfektan/membersihkan rumah.

Photo :
  • Freepik/freepik

Jasa bersih rumah
Namun, jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk membersihkan rumah, Anda bisa memanfaatkan layanan jasa bersih rumah. Cleanupind yang berbasis di Gading Serpong, Tangerang, mengaku telah melayani puluhan ribu pelanggan selama 4 tahun beroperasi sejak 2019.

"Dalam 1 bulan kurang lebih 1.800 customer, jadi sudah kurang lebih 20.000 customer yang kita sudah tangani selama setahun terakhir," ujar Selvi Andayani Co-founder Cleanupind, dalam keterangannya. 

Tak hanya masyarakat umum, jasa bersih rumah Cleanupind ini juga kerap digunakan para selebritis, salah satunya Roy Kiyoshi, mengintip laman Instagram @cleanup.ind.

"Pokoknya puas banget, rumahku jadi lebih bersih dan kinclong dan tentunya bebas tungau dan debu," ungkap Roy Kiyoshi.

Karena tingginya animo masyarakat, Selvi menyatakan akan memperluas wilayah layanan operasi.

"Agar dapat selalu memenuhi kebutuhan dari seluruh pelanggan kami, kami akan segera buka cabang wilayah Bekasi, Jogja dan Bali," imbuh Selvi.

Selvi kembali menuturkan bahwa Cleanupind pun telah mendapatkan penghargaan dari berbagai pihak atas performa dalam melayani masyarakat.

"Kepuasan masyarakat terhadap Cleanupind ini tercermin dari hadirnya penghargaan dari Indonesia Award Magazine sebagai "Best Performing Company Award Winner 2021," tuturnya.

Selain jasa bersih rumah, Cleanupind juga melayani jasa bersih apartemen, kantor, taman, hydrovacuum tungau, cuci toren air, cuci grease trap, salon kamar mandi dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya