7 Alasan Ventilator Turbin Bisa Bikin Hunian Lebih Sehat Pemilik dan Dompetnya

Ilustrasi Turbin Udara.
Sumber :
  • Dolumentasi VMS.

Jakarta – Menciptakan hunian yang nyaman dan sehat adalah tujuan setiap pemilik hunian. Karena itu ventilasi yang baik merupakan salah satu faktor penting dalam mewujudkan hal tersebut.

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan ventilasi udara di dalam rumah adalah dengan menggunakan turbin ventilator. Turbin ventilator adalah alat yang ditempatkan pada bagian dinding atau atap rumah dengan bentuk melingkar seperti kubah yang bertindak sebagai sistem ventilasi sekunder pada bangunan.

PT Venti Max Solution menjabarkan adalah beberapa alasan mengapa ventilator turbin sangat penting untuk ventilasi hunian modern. Berikuti ini daftarnya dikutip VIVA, Rabu, 31 Januari 2024.

Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z

1. Meningkatkan sirkulasi udara

Ventilator turbin bekerja dengan cara menghisap udara panas dan pengap di dalam rumah dan mengeluarkannya ke luar melalui atap. Dengan adanya turbin ventilator, sirkulasi udara di dalam rumah akan menjadi lebih baik.

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Udara segar dari luar akan masuk ke dalam rumah, sedangkan udara panas dan pengap akan dikeluarkan. Hal ini akan membuat udara di dalam rumah menjadi lebih segar dan nyaman untuk dihuni.

2. Mengurangi kelembapan

Kelembapan yang tinggi di dalam rumah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti alergi, asma, dan pertumbuhan jamur. Turbin ventilator dapat membantu mengurangi kelembapan di dalam rumah dengan mengeluarkan udara lembap ke luar.

Dengan demikian, risiko terjadinya masalah kesehatan akibat kelembapan berlebih dapat diminimalisir.

Ilustrasi rumah/hunian.

Photo :
  • Freepik/wirestock

3. Menghilangkan bau tidak sedap

Rumah yang tidak memiliki ventilasi yang baik cenderung memiliki bau tidak sedap yang sulit dihilangkan. Dengan adanya turbin ventilator, udara di dalam rumah akan terus mengalir dan bau tidak sedap dapat terbuang keluar. Hal ini akan membuat udara di dalam rumah menjadi lebih segar dan menyenangkan.

4. Mengurangi risiko penyakit

Udara yang terjebak di dalam rumah yang tidak memiliki ventilasi yang baik dapat menjadi sarang bagi berbagai kuman dan bakteri. Dengan adanya turbin ventilator, udara di dalam rumah akan terus berganti dan risiko terjadinya penyebaran penyakit dapat dikurangi. Ventilator turbin juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya radon, gas berbahaya yang dapat menyebabkan kanker paru-paru.

5. Hemat energi

Turbin ventilator bekerja dengan bantuan angin, sehingga tidak memerlukan daya listrik untuk beroperasi. Hal ini membuat penggunaan turbin ventilator menjadi hemat energi. Selain itu, turbin ventilator juga tetap efektif bahkan saat hujan, sehingga tidak perlu khawatir jika hujan turun.

6. Ramah lingkungan

Turbin ventilator merupakan pilihan yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan residu berbahaya seperti CFC. Dengan menggunakan turbin ventilator, kita dapat menjaga lapisan ozon dan turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

7. Mudah dipasang

Pemasangan turbin ventilator relatif mudah dan dapat ditempatkan di berbagai bagian atap. Namun, perlu diperhatikan bahwa turbin ventilator harus dipasang dengan benar untuk kestabilan, yaitu dengan menancapkannya ke rangka atap menggunakan sekrup. Jika pemasangan dilakukan dengan benar, turbin ventilator akan berfungsi dengan baik dan memberikan manfaat yang maksimal.

ilustrasi pembangunan hunian.

Photo :
  • ANTARA/Arif Firmansyah

Dalam kesimpulannya, ventilator turbin sangat penting untuk ventilasi hunian modern. Dengan adanya turbin ventilator, sirkulasi udara di dalam rumah akan menjadi lebih baik, kelembapan dapat dikurangi, bau tidak sedap dapat dihilangkan, risiko penyakit dapat diminimalisir, energi dapat dihemat, dan lingkungan dapat terjaga. 

Venti Max sendiri memiliki produk SupaVent, yaitu sebuah turbin ventilator revolusioner dari Australia, yang efektif dan efisien mengatasi panas dan lembab yang melanda hunian Anda. Tanpa penggunaan energi listrik, design yang compact dan aerodinamik membuat turbin SupaVent tidak hanya menjadi sekedar alat ventilator tapi menjadi suatu sistem sirkulasi udara yang dapat menambah estetika pada atap bangunan Anda. 

“Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan penggunaan turbin ventilator dalam hunian kita agar dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman untuk dihuni,” ujar Vini Joe, Direktur PT Venti Max Solutions.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya