Terungkap Isi Durian J-Queen Seharga Rp14 juta

Durian J-Queen seharga Rp14 juta per buah.
Sumber :
  • Instagram @aka.durian

VIVA – Durian viral J-Queen yang dibanderol Rp14 juta menjadi perbincangan hangat di kalangan para pecinta durian. Durian ini diklaim punya kualitas yang baik dan berhasil memenangkan sejumlah kontes.

Keunggulan Durian Rp14 Juta di Tasikmalaya Cuma Hoaks?

Benarkah rasa durian ini sebanding dengan harganya yang selangit?

Menjawab rasa penasaran itu, komunitas Durian Traveler Indonesia bersama peneliti durian dari Yayasan Durian Nusantara Dr. Ir. Mohamad Reza Tirtawinata, MS mencoba langsung durian J-Queen ini.

5 Fakta Seputar Durian Termahal di Indonesia, Rp14 Juta Per Buah

Menurut Ketua Komunitas Durian Traveler Indonesia Sigit Purwanto, durian J-Queen yang dicoba ini didapat dari wilayah Banyumas dengan harga Rp400 ribu.

Meski bukan didapat dari Tasikmalaya di mana durian ini viral di media sosial, tapi durian yang didapat Sigit memiliki kemiripan yang hampir 100 persen dengan J-Queen di Tasikmalaya.

Vinicius Junior Bikin Brace, Real Madrid Curi Poin di Markas Bayern Munich

Dari penampilan luarnya, Reza menilai J-Queen cukup menarik karena bentuknya bundar dan ada lekukan seperti belimbing. Bentuk yang cukup ideal untuk menjadi durian unggul. 

Namun, ketika dibelah Reza menemukan kalau buahnya memiliki daging yang tak terlalu tebal. "Sudah bisa dilihat dari tangkainya yang kecil, biasanya cabang yang kecil bijinya besar," ujar Reza saat ditemui VIVA di Bekasi belum lama ini.

Komunitas Durian Traveler Indonesia dan peneliti durian dari Yayasan Durian Nusantara mencoba durian J-Queen.

Ketika ditimbang, durian ini memiliki berat 2,9 kilogram (kg). Kemudian setelah dimakan habis dan menyisakan kulit serta biji yang ditimbang kembali, beratnya menjadi 2,2 kg.

Artinya, berat daging buah durian ini 700 gram per 2,9 kg, atau hanya 25 persen dari berat bersih. Inilah edible portion atau porsi dalam sebuah durian yang bisa dimakan.

Berat ini, menurut Reza, tidak bisa dikategorikan ke dalam durian unggul karena edible portion durian unggul adalah 30 persen ke atas.  Meski demikian, rasa durian ini manis, gurih, dan ada sedikit pahit yang bisa dimasukkan ke dalam kategori unggul. Begitu pun dari wanginya yang cukup kuat.

Tapi, kulitnya yang cukup tebal dan warna yang pucat tidak menjadikan J-Queen sebagai kategori durian unggul. Durian ini memiliki tebal kulit sekitar satu sentimeter, sementara durian unggul memiliki kriteria tebal kulit 5-6 milimeter.

Dengan demikian, Reza menilai J-Queen belum bisa dikatakan sebagai durian unggul. Karena itu, menurut dia harga Rp14 juta adalah harga yang terlalu tinggi untuk durian ini.

"Kalau Rp14 juta itu seperti di Jepang di mana buah dipelihara dengan presisi tinggi sehingga harganya bisa jutaan," kata Reza. Sejauh ini, durian termahal di Indonesia dijual hingga Rp1 juta per buah. Kecuali, durian dari hasil lelang yang lebih kepada prestis saja.

Reza menyimpulkan bahwa durian J-Queen dengan harga Rp14 juta ini hanyalah marketing gimmick untuk menaikkan popularitas durian ini. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya