Ingin Ucapkan Selamat Imlek? Perhatikan Hal Berikut Ini

Ilustrasi Tahun Baru Imlek.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Imlek atau Tahun Baru China telah dirayakan selama lebih dari 4.000 tahun dan merupakan hari libur nasional di Tiongkok. Bukan hanya di negaranya, tahun baru China juga dirayakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Festival Barongsai Meriahkan Perayaan Imlek di Tangerang dan Bandara Soekarno Hatta

Tidak heran, kita dapat menemukan perayaan menarik di berbagai negara dalam menyambut tahun baru, seperti pesta kembang api dan petasan besar. Seperti perayaan hari besar lainnya, tentu kita ingin memberikan ucapan Tahun Baru Imlek yang merayakannya.

Lalu, bagaimana mengucapkannya dalam bahasa China? Dilansir dari laman Express, Selasa 5 Februari 2019, ada banyak berkah dan salam yang dapat diutarakan selama Tahun Baru China, termasuk beberapa variasi untuk frasa sederhana "Selamat Tahun Baru".

Cara paling sederhana adalah dengan mengucapkan "Selamat Tahun Baru" atau xin nian kuai le. Tetapi, bahasa China memiliki banyak dialek, seperti dialek Beijing, Mandarin, Kanton, Shanghai, dan lebih dari 50 bahasa minoritas lainnya.

Namun, Mandarin adalah dialek yang paling umum dan sering menggunakan ungkapan "Happy Spring Festival", ketika merayakan Tahun Baru China. Untuk diketahui, Imlek jatuh pada Selasa 5 Februari. Namun, perayaan itu akan berlangsung selama sekitar 15 hari atau secara keseluruhan hingga 19 Februari.

Hari libur nasional Imlek di China sendiri, akan berlangsung dari 4 hingga 10 Februari, di mana Malam Tahun Baru pada 4 Februari dan puncak perayaan Hari Tahun Baru jatuh pada 5 Februari.

Ma'ruf Amin: Tahun Baru Imlek Momentum Perbaiki Diri

Tanggal tahun baru China, setiap tahunnya akan mengalami perubahan. Tetapi, biasanya terjadi antara 21 Januari dan 20 Februari di kalender Gregorian. Tanggal-tanggal berubah setiap tahun, karena festival ini didasarkan pada Kalender Bulan China dan dikaitkan dengan pergerakan Bulan. (asp)

Perayaan Tahun Baru Imlek 2024 di Hotel Borobudur Jakarta

Perayaan Tahun Naga Kayu, Nuansa Meriah Imlek Hiasi Hotel Borobudur Jakarta

Di area Pendopo Hotel Borobudur Jakarta, momen Hari Raya Imlek menghadirkan atraksi barongsai yang diramaikan pengunjung, tamu menginap serta pihak perwakilan manajemen.

img_title
VIVA.co.id
11 Februari 2024