Tips Jadi Fotografer Tapi Minim Alat, Cukup Kuasai 5 Teknik Ini

Telepon selular.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sadar atau tidak semua hal di dunia ini mengandung cerita. Kamu bangun, mandi, sarapan, lalu ke kantor atau kampus, itu adalah cerita. Tinggal kita memilih medianya. Bisa lewat tulisan atau konten visual, seperti foto atau video.

Epson Undang Fotografer se-Asia Tenggara

Bicara soal konten visual, nampaknya fotografi bukan lagi sesuatu yang eksklusif. Semua orang bisa jadi fotografer bahkan dengan hanya menggunakan kamera iPhone. 

Nah, untuk kamu pengguna iPhone, berikut beberapa tips dan trik hunting foto dengan iPhone, dikutip dari siaran pers iBox Indonesia, Senin 9 November 2020. 

Ayah Taylor Swift Dituduh Lakukan Kekerasan pada Paparazzi

Baca juga: 5 Cara Alami Detoksifikasi Setelah Makan Besar

Cari angle

Potret Budaya dan Adat Batak Tempo Doeloe

Ini poin plus mobile photography. Karena bentuk smartphone yang lebih ringkas kamu bisa lebih leluasa menentukan angle bahkan hingga sudut tersempit sekalipun. Cari angle yang biasanya tidak dipikirkan orang lain. 

Mungkin frog eye atau sudut pandang rendah? Sudut pandang rendah membuat distorsi dan perspektif foto jadi lebih dramatis. Untuk menemukan angle yang pas, kamu bisa memanfaatkan fitur Grid. 

Caranya juga gampang, tinggal masuk ke setting, lalu photo and camera, kemudian pilih Grid. Selanjutnya tinggal kepekaanmu memilih objek foto. Fitur ini penting agar komposisi foto jadi lebih rapi.

Continuous shooting mode

Fitur ini penting kalau ingin memotret objek yang bergerak cepat. Kalau di DSLR namanya continuous shooting. Sedangkan di iPhone, fiturnya bernama Burst Mode.

Baca juga: Mata Kelilipan Jangan Ditiup, Ini Bahayanya!

Jadi, kamu bisa menangkap banyak foto cukup dengan menekan dan menahan bagian shutter lebih lama. Kerennya, kamu bisa mendapat 10 foto dalam waktu 1 detik. Cocok untuk momen-momen cepat dan penuh adrenalin.

Portrait lighting

Fitur ini biasanya dimiliki iPhone yang memiliki kamera lebih dari satu. Fitur ini memungkinkan kamu seperti memiliki studio foto sendiri dengan banyaknya lampu pencahayaan secara natural.

Depth control

Pernah enggak, lagi ingin memotret tapi ada objek yang mengganggu di belakangnya? Nah, dengan depth control, kamu bisa bikin efek bokeh sebelum dan sesudah mengambil foto. 

Caranya, ambil foto, kemudian tab icon aperture dengan logo F di bagian atas. Setelah itu, akan muncul fitur Depth Control dengan menggesernya ke kanan atau kiri sesuai keinginan.

Coba sensasi flare

Dengan kamera iPhone, kamu bisa bikin efek flare seperti DSLR. Untuk memunculkan efek flare, kamu perlu mengatur komposisi atau tata letak sumber cahaya yang menyebabkan flare di dalam frame. Pakai saja tanganmu untuk mengatur efek kemunculan dan tata letak dari flare ini.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya