Oki Setiana Dewi: Julid ke Tetangga, Jadi Ahli Neraka

Oki Setiana Dewi.
Sumber :
  • Instagram @okisetianadewi

VIVA – Julid alias menyindir orang lain merupakan perbuatan buruk yang kerap kali dilakukan oleh sebagian besar masyarakat tanpa disadari. Tak hanya merugikan orang lain, rupanya perbuatan julid bisa membawa kita menuju neraka.

Terpopuler: MUI Minta Film Kiblat Tidak Tayang sampai Harapan Teuku Ryan

Hal itu disampaikan oleh pendakwah sekaligus artis Oki Setiana Dewi dalam sebuah kanal YouTube. Dijelaskan Oki, banyak dari kita yang baik dalam beribadah namun lupa menjaga lisan.

"Terkadang kita mungkin baik. Sholat kita baik. Baca quran kita baik. Tapi kadang lisan kita tidak terjaga. Betul nggak?" kata Oki membuka ceramah.

Jadi Saksi di Sidang Cerai Ria Ricis, Ini Kata Oki Setiana Dewi

Seketika itu juga, saudara kandung Ria Ricis tersebut mengumpamakan kejadian pada seseorang di zaman Nabi Muhammad SAW.

Oki Setiana Dewi.

Photo :
  • U-Report
TERPOPULER: Epy Kusnandar Jualan Gorengan, Dian Sastro Mualaf Hingga Oki Setiana Pindah ke Mesir

Dijelaskan Oki, di zaman tersebut ada salah seorang sahabat Nabi yang menceritakan kepada Nabi bahwa ada orang terdekatnya yang ahli beribadah, dengan rajin shalat dan membaca kitab suci Al-Quran. Namun, lisannya dipakai untuk berkata buruk.

"Makanya Rasul mengatakan, ketika ada salah seorang sahabat mengatakan kepada Rasul, dia ini ahli ibadah, shalatnya bagus, mengajinya bagus. Ibadah kepada Allah bagus tapi lisannya menyakiti hati tetangga," jelas Oki.

Oki membeberkan, perkataan buruk pada teman dan tetangga di lingkungan sekitar bisa membawa pengaruh buruk pada interaksi secara sosial. Tak hanya dari sisi sosialisasi, pasalnya orang yang lisannya buruk juga merugikan diri sendiri lantaran menjadi ahli neraka.

"Apa kata Rasul? Dia adalah ahli neraka. Ibadahnya nggak berarti apa-apa bagi lisannya. Begitu pula dengan kita," terang Oki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya