Oki Setiana Dewi Ceramah Soal Nafkah Batin, Netizen: Semoga Teuku Ryan Nonton

Oki Setiana Dewi
Sumber :
  • IG @okisetianadewi

VIVA Showbiz – Rumah tangga Ria Ricis dan Teuku Ryan masih dalam proses cerai yang diduga salah satu penyebabnya adalah tidak terpenuhinya pemberian nafkah batin. Di tengah masalah rumah tangga adiknya yang masih menjadi sorotan publik ini, Oki Setiana Dewi justru membahas soal pemberian nafkah lahir batin saat menjadi pembicara dalam podcast YouTubenya

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Menurut Oki Setiana Dewi yang dikenal sebagai seorang ustazah itu, laki-laki memang ditakdirkan menjadi pemimpin di dalam sebuah rumah tangga. Oleh sebab itu, mereka berkewajiban untuk memberikan nafkah pada keluarganya baik secara lahir maupun batin. Scroll lebih lanjut ya.

"Laki-laki menjadi pemimpin, karena dia punya tugas menafkahi. Nafkah itu ada lahir dan batin," kata Oki Setiana Dewi, mengutip video YouTubenya, Jumat 15 Maret 2024.

Cerita Soal Baby Box, Ria Ricis Seolah Pertegas Tentang Nafkah Batin

Oki Setiana Dewi menjelaskan perbedaan kedua jenis nafkah yang harus diberikan oleh para laki-laki tersebut. Pertama adalah nafkah lahir berupa sesuatu yang dapat dilihat oleh mata, misalnya tempat tinggal, makanan, pakaian, atau uang untuk kebutuhan rumah tangga.

Ria Ricis Bahas Soal Tidur Bertiga Anak, Netizen: Nifas Masa Iya Mau Pacaran Mulu

"Nafkah lahir itu yang berupa materi, seperti sandang, pangan, papan sesuatu yang kita lihat," jelas Oki Setiana Dewi.

Nafkah lahir ini diberikan kepada seorang istri demi memenuhi kebutuhan primer dalam rumah tangganya. Tetapi, bukan berarti juga para istri bisa menuntut segala macam keinginan dan kebutuhan pribadi dari suaminya. Oki Setiana Dewi pun mengingatkan para istri untuk bersyukur apabila suami dapat memberikan nafkah lahir yang lebih dari kebutuhan sehari-hari.

"Sebetulnya yang paling penting itu primer, kebutuhan sandang, pangan, papan. Kalau suami bisa kasih lebih ya Alhamdulillah," papar Oki Setiana Dewi.

Oki Setiana Dewi

Photo :
  • IG @okisetianadewi

Di samping itu, nafkah batin adalah sesuatu yang bisa dirasakan olh hati dan pikiran seseorang. Hal ini berkaitan dengan menjaga perasaan, bukan hanya perihal kebutuhan melakukan hubungan intim, tetapi juga bagaimana seorang suami dapat membuat istrinya merasa aman dan nyaman selama berumah tangga.

"Kalau nafkah batin itu yang dirasakan. Betul salah satunya berhubungan biologis suami istri, tapi nafkah batin juga termasuk rasa nyaman, rasa tenang, rasa aman itu nafkah batin," ucap Oki Setiana Dewi.

"Di dalamnya ada komunikasi hangat yang terjalin, kegiatan yang memberikan rasa nyaman, tenang dan aman itu nafkah batin," lanjutnya.

Teuku Ryan

Photo :
  • VIVA / Ichsan Suhendra

Hal ini lantas berkaitan dengan gosip miring yang menerpa rumah tangga Ria Ricis dan Teuku Ryan. Adik Oki Setiana Dewi itu bahkan pernah memberikan kode bahwa ia sudah lama 'dianggurin' oleh suaminya. Netizen lantas berharap Teuku Ryan menonton ceramah Oki Setiana Dewi ini agar tahu kewajibannya sebagai suami.

"Ya Allah semoga Teuku Ryn panen pahala, aamiin," komentar seorang netizen.

"Semoga Teuku Ryan nonton," kata yang lain.

"Ini mungkin ceritanya Ricis," timpal netizen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya