Pentingkah Cantumkan Agama di KTP? Begini Tanggapan Habib Jafar

Habib Husein Jafar dan Onadio Leonardo
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

VIVA – Di bulan suci Ramadhan ini, Habib Husein Jafar tentunya sangat disibukkan dengan pekerjaannya sebagai penceramah. Sosoknya terkenal sebagai salah satu ustadz muda Tanah Air. Tak hanya itu, Habib Husein Jafar juga sangat populer di kalangan generasi muda Indonesia karena gaya dakwahnya yang santai.

IP Podcast Meriahkan Hari KI Sedunia Tahun 2024 di 33 Provinsi

Baru-baru ini, dalam podcastnya bersama Onadio Leonardo atau kerap disapa Onad melalui youtube @deddycorbuzier, mereka membahas pentingnya mencantumkan agama pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) seseorang sebagai identitas.

Onad dan Habib Jafar

Photo :
  • Tangkapan layar
Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Menurutnya, identitas agama untuk di zaman sekarang ini sangatlah penting untuk momen-momen tertentu. Identitas agama menurutnya perlu diketahui oleh orang lain guna dibutuhkan untuk berbagai perkara.

“Menurut gue sih butuh (penting). Karena itu identitas yang tetap kita butuhkan untuk perkara-perkara identitas. Misalnya pernikahan, untuk lo tau kalo lo nih dinikahkan secara agama apa, secara administrasi, maka orang harus tau agama lo tuh apa,”ungkapnya.

Terkuak, Identitas Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Habib Jafar menjelaskan bahwa Indonesia bukanlah negara anti agama sehingga kebutuhan administrasi masih tetap diperlukan.

“Artinya, tetap ada kebutuhan-kebutuhan administrasi di Indonesia, memang bukan negara agama tapi kan kita juga bukan negara anti agama sehingga secara administrasi tetap banyak hal yang kaitannya itu dengan agama,”jelasnya

“Maka menurut gue, agama ditulis di kartu identitas itu iya (penting). Tapi agama bukan sekadar atau bukan utamanya adalah identitas. Tapi tetep agama menurut gue juga identitas,”lanjutnya.

Sama halnya seperti ketika seorang wanita memakai kerudung, itu merupakan sebuah identitas yang menunjukkan bahwa wanita tersebut adalah seorang Muslimah sehingga orang lain akan bersikap semestinya.

“Contohnya, kayak teman gue. Gue tanya, kenapa lo pake kerudung? Kata dia sebagai identitas, biar orang tau kalo dia ini Muslimah sehingga orang akan memperlakukan dia sebagai seorang Muslimah. 

Onad dan Habib Jafar

Photo :
  • Tangkapan layar

Habib Jafar kian menegaskan bahwa agama itu sangat penting jika dicantumkan pada kartu identitas seseorang. Hal ini juga memiliki pengaruh besar agar orang lain memperlakukan kita sebagai Muslimah dan tidak mengganggu.

“Jadi menurut gue tetap, identitas itu penting. Orang jadi tahu sehingga orang memperlakukan lo sebagai identitas lo itu,”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya