Perjalanan Mualafnya Jadi Sorotan, Dian Sastro Ungkap Sosok Pria yang Buat Penasaran dengan Islam

Dian Sastrowardoyo
Sumber :
  • IG @therealdisastr

VIVA Showbiz – Nama Dian Sastrowardoyo kembali menjadi sorotan pengguna media sosial, hingga membuat namanya trending topik pada Jumat 15 Maret 2024. Nama Dian Sastro ramai diperbincangkan menyusul dengan cerita perjalanannya menjadi seorang mualaf di podcast Denny Sumargo yang dirilis pada Kamis malam 13 Maret 2024.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Dian Sastrowardoyo menjelaskan bahwa perjalanan spiritualnya menjadi seorang mualaf cukup panjang untuk diceritakan. Namun pemeran Cinta dalam film Ada Apa dengan Cinta ini mengungkap sosok ustaz yang membuatnya penasaran dengan Islam hingga ingin memperdalam agama Islam. Scroll lebih lanjut ya.

Suatu hari Dian Sastro sempat bertanya kepada Ustaz Rahmat dalam sebuah kajian. Saat itu, Dian Sastro mempertanyakan tentang tujuan seorang manusia hidup di bumi ini kepada ustaz Rahmat. Ustaz Rahmat kemudian langsung membuka Al Quran dan menunjukkan satu ayat dalam Al Quran tersebut menjelaskan tentang pertanyaan yang diajukan Dian Sastro.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

“Gue tanpa ada ekspetasi apa-apa, ya, tanya ke pak ustaz, sebenarnya hidup buat apa sih. Lalu, dibukalah ada ayat Al Quran, terus pokoknya menjawab dengan sangat filosofis dan sangat logis. Gue juga enggak nyangka ternyata kejawabnya sama pemuka agama Islam. Ada namanya Pak Rahmat, dan gue enak banget dengerin penjelasannya," kata Dian Sastro dikutip dari tayangan YouTube Denny Sumargo. 

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Dian sendiri mengaku awalnya tak percaya bisa mulai tertarik dengan Islam setelah mendengar kajian Ustaz Rahmat. Terlebih kata Dian, penjelasan ustaz Rahmat tersebut sangat logis dan ‘masuk’ ke dalam dirinya.

“Karena jarang loh nemu kayak pemimpin agama yang ngobrolnya nyambung gitu. Nah, gue tuh harus dijawab pertanyaan-pertanyaan logika, walaupun akhirnya nanti perjalanannya enggak akan logika terus," jelasnya.

Dian Sastrowardoyo

Photo :
  • VIVA.co.id/Rizkya Fajarani Bahar

Setelah mengikuti kajian bersama ustaz Rahmat, Dian Sastro langsung mengutarakan niatnya untuk memperdalam Islam. Saat itu, Dian yang masih berusia 21 tahun langsung mendapat jawabannya yang menantang dari ustaz tersebut.

“Pak saya belajar terus sama bapak gitu, terus kata bapak ‘tergantung kamu mau salat enggak lima waktu'. Karena sekarang saya sudah tahu buat apa (salat), ya saya mau deh. Belajarlah gua besokannya ngafalin Alfatihah," katanya. 

Dian Sastro kemudian mulai menghafal surat Al Fatihah. Menariknya ibu dua orang anak ini mengungkapkan bahwa caranya dalam menghafal Alfatihah dengan membaca artinya. Sebab, dia merasa kesulitan untuk menghafal ayat Al Quran yang menggunakan bahasa Arab. 

"Oh ngafalin pakai buku SD tuh dan kalau gue ngafalin itu kan bahasa Arab susah ya. Iya di umur 21 tahun gue ngafalin Bahasa Arab gitu, tapi yang membantu gue menghafal karena gue aktris, gua harus ngafalin artinya. Karena kalau enggak (tahu artinya), gue enggak bisa menjiwainya kan. Jadi, gue tuh harus hafal artinya. Jadi, di setiap kali gue melafalkan Arabnya gitu, gue bisa menjiwai artinya," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya