Mengenal Sosok Tuhan dalam Pandangan 6 Agama di Indonesia

Ilustrasi agama Indonesia
Ilustrasi agama Indonesia
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sosok Tuhan dalam pandangan 6 agama di Indonesia semestinya wajib diketahui oleh semua orang supaya tidak salah presepsi dan sebagai salah satu bentuk toleransi antar umat beragama. Sementara itu, agama berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sebuah ajaran atau sistem yang mengatur kepercayaan dan peribadatan seseorang kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan lingkungannya.

Di Indonesia sendiri, setiap orang berhak untuk memeluk agama atau kepercayaan masing-masing yang sudah diakui. Mulai dari Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Setiap warga negara mempunyai kebebasan untuk memeluk agama mana sesuai dengan UUD 1945 pasal 28 E ayat 1. Setiap agama menyembah dan mempercayai ajaran yang dituangkan dalam kitab suci. Nah, untuk mengenal sosok Tuhan dalam pandangan 6 agama di Indonesia, simak ulasan berikut yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Bagaimana Sosok Tuhan dalam Pandangan 6 Agama di Indonesia?

Sosok Tuhan dalam Agama Islam

Umat Islam menjalankan ibadah salat (Ilustrasi)

Umat Islam menjalankan ibadah salat (Ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

Menurut ajaran agama Islam, Tuhan dinamakan sebagai Allah SWT dan diyakini sebagai Dzat Maha Tinggi yang nyata dan Esa, Pencipta Yang Maha Kuat dan Maha Tahu, Yang Abadi, Penenetu Takdir dan Hakim untuk alam semesta. Kata Allah dalam Al Quran merupakan sebutan khusus dan tidak dipunyai oleh kata lain selain-Nya karena hanya Tuhan Yang Maha Esa yang berhak menyandang nama tersebut.

Keesaan Allah bisa dibuktikan dengan tiga bagian pokok, yaitu kenyataan wujud yang tampak, rasa yang ada dalam jiwa manusia, dan dalil-dalil logika. Kenyataan wujud yang terlihat Al Quran memakai seluruh wujud bukti, terlebih keberadaan alam semesta dengan segala isinya.