7 Fakta Spirit Doll yang Lagi Viral dan Digandrungi Para Artis

Boneka Arwah Milik Furi Harun
Sumber :
  • IG @furiharun

VIVA –  Belakangan ini publik sedang ramai memperbincangkan tentang spirit doll yang memang sedang viral di Indonesia. Banyak orang yang penasaran dengan spirit doll yang sedang digandrungi oleh sejumlah artis dan diasuh sebagai anak sendiri. 

Jadi Mualaf, Marcell Siahaan Tak Ingin Paksa Anak Ikuti Keyakinannya

Sejumlah artis seperti Ivan Gunawan, Sarwendah, Celine Evangelista, Nora Alexandra, Lucinta Luna dan Soimah diketahui memilih untuk mengadopsi spirit doll. Bahkan, mereka membagikan kegiatan bersama dengan spirit doll yang diasuhnya tersebut di sosial media. Tak hanya di kalangan artis, spirit doll juga diadopsi oleh masyarakat biasa seperti halnya Furi Harun, kolektor boneka arwah dengan jumlah 349 boneka yang dimiliki dan berasal dari berbagai negara. 

Berikut ini fakta-fakta dari spirit doll yang saat ini sedang ramai diperbincangkan publik yang sudah VIVA rangkum dari berbagai sumber.

Sosok Edwin Bahari, Brondong Tampan Pacar Baru Anisa Bahar

Spirit doll sebagai anak adopsi

Spirit doll atau disebut juga sebagai boneka arwah merupakan boneka yang diisi oleh arwah atau roh yang sudah meninggal dunia. Boneka arwah tersebut akan disebut sebagai anak adopsi bagi mereka yang mengadopsinya.

Fakta-fakta Anisa Bahar Pacaran sama Edwin Bahari, Anak Asuhnya Sendiri

Ivan Gunawan.

Photo :
  • Instagram Ivan Gunawan

Pengadopsi boneka arwah akan memperlakukan boneka ini selayaknya anak asuh dan sama dengan anak-anak lainnya yang hidup. Hal itu karena mereka mempercayai bahwa ada arwah atau roh yang masuk ke dalam boneka tersebut. 

Sudah ada sejak dahulu kala

Sebenarnya spirit doll atau boneka arwah ini keberadaannya sudah ada sejak zama dahulu kala. Boneka ini digunakan untuk melakukan ritual pemujaan atau keagamaan. Melansir dari barkobe, spirit doll merupakan boneka yang digunakan untuk hal-hal spiritual atau ritual keagamaan seperti doa dan meditasi. Boneka ini juga biasanya menjadi objek pengabdian dan diletakkan di altar dan digunakan di gereja. Boneka arwah yang menjadi objek pemujaan biasanya berupa patung tokoh suci, leluhur, malaikat, dewa dan dewi.

Sebagai metode penyembuhan

Spirit doll juga digunakan sebagai metode penyembuhan atau healing belakangan ini. Dengan membuat sendiri spirit doll yang sesuai dengan keinginan, dapat menjadi proses penyembuhan. Hal itu dikarenakan batin seseorang dipercaya akan sembuh dengan proses pembuatan dan merawat boneka ini. 

Tren spirit doll

Tren spirit doll diketahui berasal dari negara Thailand pada tahun 2014 lalu. Baru-baru ini juga tren spirit doll muncul dari artis Ivan Gunawan yang memutuskan untuk mengadopsi boneka tersebut sebagai anak asuhnya. Kemudian boneka arwah pun jadi banyak dibicarakan hingga menjadi tren.

Harga spirit doll

Harga dari spirit doll sendiri bervariasi, mulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah dan bahkan mencapai ratusan juta rupiah. Namun belum ada yang membahas perbedaan harga pada boneka arwah tersebut dari harga yang paling murah sampai yang paling mahal. Kamu dapat menemui penjual yang menjual spirit doll ini di sejumlah marketplace online di Indonesia.

Celine Evangelista.

Photo :
  • Instagram Celine Evangelista

Spirit doll tidak berbahaya 

Kamu harus mengetahui bahwa spirit doll berbeda dengan boneka arwah (luk thep). Spirit doll sendiri diisi oleh entitas Fairy atau Elf, sedangkan boneka arwah (luk thep) diisi oleh arwah manusia yang sudah meninggal dan diketahui bahwa meninggalnya tidak wajar atau arwah penasaran. 

Spirit doll diketahui tidak berbahaya dan tidak akan mengganggu orang tua asuh atau orang lain. Hal itu dikarenakan spirit doll sebelumnya memang sudah diajarkan terlebih dahulu untuk mengabdi kepada tuannya. Disebutkan juga bahwa spirit doll bisa mencari makanannya sendiri. Meskipun begitu, boneka tersebut tetap harus diberi hadiah sesekali seperti dupa, bunga atau kopi.

Membawa keberuntungan

Mereka yang memiliki spirit doll meyakini bahwa boneka tersebut akan membawa keberuntungan apabila dirawat dengan baik. Namun, ternyata spirit doll atau  boneka arwah tersebut juga dikatakan bisa meninggal oleh para orang tua asuh yang mengadopsinya. 

Apakah kamu percaya akan spirit doll yang sudah dijelaskan tersebut? Itulah penjelasan dari spirit doll atau boneka arwah yang saat ini sedang banyak dibicarakan dan digandrungi oleh orang-orang baik masyarakat biasa maupun para artis. Apa kamu ada niatan untuk mengadopsi spirit doll atau boneka arwah ini juga?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya