Aceh Ramadhan Festival Tawarkan Perjalanan Spritual Tradisi Budaya Aceh

Warga memadati pasar takjil di depan masjid raya baiturrahman Banda Aceh. VIVA/Dani Randi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Banda Aceh)

Banda Aceh – Aceh Ramadhan Festival 2024 tidak hanya menyuguhkan nuansa bulan ramadhan di kota Serambi Mekkah, namun kuliner khas tradisional dari tanah rencong pun turut di ditampilkan untuk menu berbuka puasa.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Apalagi di venue lokasi di sediakan tempat ngabuburit yaitu di halaman Masjid Raya Baiturrahman dan di lapangan eks Hotel Aceh yang jaraknya memang berdekatan.

Pantauan VIVA, sejak dibuka pada Jumat sore, 29 Maret 2024 lalu, ada sekitar 100 pelaku UMKM yang terlibat dalam kegiatan itu. Mereka diberi lapak di depan Masjid Raya Baiturrahman dan lapangan eks Hotel Aceh.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Pemerintah setempat juga menutup jalan depan Masjid Raya Baiturrahman dan disulap jadi pasar takjil. Di sinilah banyak ditemukan berbagai makanan tradisional khas Aceh, mulai kanji rumbi, pulut bakar, mie caluk, oen peugaga, lincah Aceh dan banyak lainnya.

Sementara itu, bagi warga yang menunggu waktu berbuka puasa, pihak panitia menyediakan jenis permainan tradisional di Halaman Masjid Raya Baiturrahman yang bebas digunakan siapa saja.

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Alat permainan tersebut yaitu, congklak, tengklek, bakiak, engklek, egrang dan bermacam permainan rakyat lainnya. Untuk permainan congklak, juga disediakan seperti balai berukuran 1,5 meter agar pengunjung tak kena paparan sinar matahari.

Kemudian pengunjung bisa merasakan buka puasa bersama dalam suasana perayaan adat Aceh seperti kenduri kanji, kenduri peutamat daroh (khatam Alquran) dan kenduri Ramadhan.

Lalu juga ada zikir khas Aceh “dalael khairat”, kirab, hingga merasakan perjalanan spiritual bersama majelis zikir, muazin, imam, ustadz dan ulama yang dijadwalkan mengisi ibadah Ramadhan di Masjid Raya Baiturrahman.

Penjabat Sekretaris Daerah Aceh, Azwardi mengatakan, Aceh Ramadhan Festival yang tahun ini mengangkat tentang perjalanan spiritual di Serambi Mekkah sebagai tema utama.

Apalagi, kata dia event ini telah masuk tahun ke-6 penyelenggaraan, ini semakin menguatkan identitasnya sebagai hallmark event daerah Aceh yang merupakan salah satu destinasi wisata halal unggulan di Indonesia.

“Event ini pun menawarkan pengalaman Ramadhan yang sarat dengan perjalanan spiritual dalam balutan tradisi dan budaya Aceh,” kata Azwardi.

Event ini juga direncanakan akan ditutup oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Sabab, Aceh Ramadhan Festival 2024 masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya