10 Mal Terbesar di Indonesia, 5 di Antaranya Bukan di Jakarta

Pakuwon Mall Surabaya
Sumber :
  • pakuwonjati.com

VIVA – Mal merupakan tempat perbelanjaan yang kekinian. Mal juga bisa dijadikan tempat hiburan karena kini sudah tersedia tempat yang menarik untuk berlibur. Taukah kamu jika Mal terbesar di Indonesia rupanya bukan di Jakarta lho. Berikut deretan 10 Mal terbesar di Indonesia dikutip dari berbagai sumber.

Bobby Nasution Segel Mal Centre Point Medan Gara-gara Nunggak Pajak Rp 250 Miliar

1. Pakuwon Mall

Mal Pakuwon Surabaya (foto/pakuwon)

Photo :
  • vstory
Ban Mobil Dicuri saat Parkir di Mal Jakpus, Polisi Kejar Pelaku

Mal terbesar di Indonesia rupanya bukan di Jakarta, melainkan di Surabaya. Mal ini memiliki luas mencapai 200.000 meter persegi. Pakuwon Mall dinobatkan sebagai Mal terbesar di Indonesia 2020. Mal ini terdiri atas 3 lantai basement, 6 lantai di Pakuwon Mall serta 1 lantai untuk exhibition hall.

2. Tunjungan Plaza

Indonesia Menduduki Posisi Pertama dengan Perokok Laki-laki Terbanyak di Dunia

Tunjungan Plaza

Photo :
  • U-Report

Mal terbesar kedua di duduki Tunjungan Plaza. Mal ini mempunyai luas mencapai 170.000 meter persegi. Mal ini didirikan pada tahun 1986, terletak di pusat kota Surabaya tepatnya di Jalan Jend. Basuki Rahmat. Mal ini resmi dibuka pada tahun 1986 dengan nama Plaza Tunjungan.

3. Summarecon Mall Kelapa Gading

Summarecon Mal Kelapa Gading

Photo :
  • Istimewa

Summarecon Mall Kelapa Gading merupakan Mal terbesar yang ada di Jakarta. Mal ini memiliki luas sekitar 150.000 meter persegi yang berada di daerah kelapa gading, Jakarta Utara, tepatnya di daerah Sentra Kelapa Gading. Mal yang berdiri pada tahun 1990, awalnya luasnya hanya sebesar 32.000 meter persegi. Lalu pada tahun 1995 menjadi 72.000 meter persegi. Dan bertambah lagi menjadi 130.000 meter persegi pada 10 April 2003. Dengan dibangunnya MKG 5, total luas menjadi 150.000 meter persegi.

4. Grand Indonesia

Grand Indonesia Shopping Town

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Grand Indonesia menjadi Mal terbesar kedua di Jakarta. Mal ini mempunyai luas sekitar 140.000 meter persegi dengan gedung berlantai 7 yang memiliki lahan parkir besar yang bisa menampung kendaraan sebanyak 3.000 Mobil dan 8.000 Motor. Mal ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati pengalaman berbelanja ekslusif dan mewah.

5. Mall Taman Anggrek

mall taman anggrek

Photo :
  • U-Report

Mal yang berdiri pada Agustus 1996 ini memiliki luas bangunan mecapai 130.000 meter persegi. Berlokasi dijalan Letnan Jendral S. Parman, Tanjung Duren, Grogol, Pertamburan, Jakarta Barat. Mal ini terdiri dari 8 menara yang bisa menampung lebih dari 500 toko yang tersebar dalam 7 lantai.

6. Central Park

Central Park Mal di Jalan S Parman, Jakarta Barat

Photo :
  • rumah123

Central Park memiliki luas 341 hektar Central Park, New York didesain dengan indah dan alami. Taman ini dibagi menjadi 49 titik pembagian agar mudah dikelola. Di dalam Central Park terdapat air terjun mini, taman seluncur es, danau, konservasi air, taman konservasi, dan bangunan kuno seperti paviliun. Taman hijau di tengah-tengah mall yang terinspirasi dari Central Park di New York

7. Hartono Mall Yogyakarta

Hartono Mall Yogyakarta

Photo :
  • pakuwonjati.com

Pusat perbelanjaan yang diresmikan pada 2015 ini luasnya mencapai 80.000 meter persegi. Hartono Lifestyle Mall Yogyakarta atau Hartono Mall Yogyakarta adalah pusat perbelanjaan terbesar se-Jawa bagian tengah, letak mall ini di kalurahan Condongcatur, kapanéwon Depok, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, atau tepatnya di sisi selatan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta. 

8. Paris Van Java Mall 

Paris Van Java

Photo :
  • gotomalls

Mal terbesar selanjutnya ada Paris Van Java Mal. Mal ini jadi pusat perbelanjaan andalan warga Bandung, Jawa Barat. Konsepnya semi-outdoor, jadi tempat nongkrong yang seru. Mal yang diresmikan pada bulan Juli 2006 ini, dirancang dengan nuansa open air yang alami serta pemandangan burung-burung merpati hias yang beterbangan. Faktor lain yang menjadi daya tarik yaitu konsep bangunan yang kental dengan desain Eropa.

9. Beachwalk Shopping Mall, Bali

Beachwalk Shopping Mall, Bali

Photo :
  • beachwalkbali.com

Beachwalk Bali ini merupakan salah satu Mal yang terbesar dan tercantik di Bali. Design arsitekturnya sanggat unik, hampir seluruh area Mal terbuka, di tengah tengah Mal di tanami pepohonan tropis yang teduh dan juga di tempatkan kolam kolam sepanjang taman sehingga membuat pengunjung rilek dan adem saat berjalan mengitari Mal. Beachwalk Shopping Mall  berdiri di lahan seluas 3,7 hektar.

10. Senayan City

Senayan City.

Photo :
  • Google Street View

Mal terbesar yang terakhir ada Senayan City. Mal ini sering disingkat Senci, Senayan City yang berada di Jakarta Pusat. Pusat perbelanjaan ini dikenal sebagai tempat nongkrongnya para artis ibu kota. Mal ini didirikan oleh pengembang Agung Podomoro Land yang diresmikan pada tanggal 23 Juni 2006. Luas Mal ini sebesar 76,000 m2.

Itulah deretan mal terbesar di Indonesia. Sudah pernahkah kamu mengunjunginya?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya