5 Contoh Teks Deskripsi Berdasarkan Jenis-jenisnya, Simak dan Pahami

Ilustrasi menulis deskripsi
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Beberapa contoh teks deskripsi ini mungkin bisa menambah wawasan kamu dalam menulis sebuah tulisan. Dalam artikel ini, selain memberikan contoh teks deskripsi juga akan menjelaskan tentang pengertian, jenis-jenis, dan ciri-ciri teks deskripsi. Berikut penjelasannya.

Buku Karya Penulis Israel yang Diduga Pengaruhi Zara Lepas Hijab Beredar di Indonesia

Pengertian Teks Deskripsi

Ilustrasi tulisan deskripsi

Photo :
  • pixabay
Kisah Mualaf Jeffrey Lang, Profesor Amerika yang Pilih Islam Usai Jadi Atheis

Dikutip dari Gramedia.com, deskripsi merupakan jenis tulisan yang menggambarkan atau menjelaskan tentang suatu hal, objek atau keadaan tertentu. Deskripsi juga bisa diartikan sebagai kaidah pengolahan data menjadi sesuatu yang bisa diutarakan dengan jelas dan tepat agar mudah untuk dipahami oleh pembaca.

Teks deskripsi yaitu teks yang dimana ide utamanya merupakan penyampaian dengan menggambarkan objek, tempat dan peristiwa tertentu dengan sangat rinci. Dengan begitu, pembaca bisa seolah-olah merasakan baik secara fisik maupun emosi secara langsung dengan apa yang dijelaskan di dalam teks tersebut.

Penulis Tere Liye Bagi-bagi Bansos

Dengan menulis teks deskripsi, bisa jadi pembelajaran untuk penulis itu sendiri. Hal ini karena menulis teks deskripsi berarti membantu dalam melatih kepekaan karena penulis akan menjelaskan secara nyata suatu objek atau suasana tertentu. Selain itu, dengan menulis teks deskripsi bisa juga melatih kita untuk bisa melihat rinci dari unsur-unsur benda atau bentuk secara konkret.

Teks deskripsi juga memiliki tujuan yaitu untuk menggambarkan suatu hal yang berkaitan dengan pengalaman berdasarkan hasil pengamatan seluruh panca indera. Baik dengan merasakan, mendengarkan, meraba dan melihat. Dari hal itulah penulis bisa menciptakan daya khayal pembaca sehingga mereka bisa merasakan langsung apa yang dibahas di dalam teks tersebut.

Dalam menulis teks deskripsi, penulis dituntut untuk menggambarkan objek dengan sangat detail. Hal ini karena teks deskripsi memiliki tujuan untuk menciptakan pengaruh panca indera pembaca sehingga bisa menghasilkan kesan tertentu berdasarkan imajinasi dari masing-masing pembaca.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Ilustrasi tulisan deskripsi

Photo :
  • pixabay

Contoh Teks Deskripsi subjektif

  • Sebagian orang mungkin masih berpikir bahwa tiwul merupakan makanan orang miskin yang tidak ada manfaatnya. Padahal, makanan yang berwarna coklat ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, terutama bagi orang yang ingin berdiet. Sifat tiwul yang mengenyangkan membuat perut cepat kenyang dan dapat menghindarkan diri dari obesitas. Tiwul ini memiliki tekstur yang halus dan beraroma singkong saat dicium. Bahan baku makanan ini yaitu gaplek yang terbuat dari singkong yang dikupas dan dijemur hingga kering, lalu ditumbuk hingga halus bentuknya. Rasa tiwul ini cukup manis di lidah. Lebih nikmat lagi jika ditaburi dengan parutan kelapa halus, atau disajikan bersama lauk pauk dan sambal yang pedas.

Contoh Deskripsi Spatial

  • Beachwalk Bali merupakan salah satu Mal terbesar dan tercantik di Bali. Design arsitekturnya sanggat unik, hampir seluruh area Mal terbuka, di tengah tengah Mal di tanami pepohonan tropis yang teduh dan juga di tempatkan kolam kolam sepanjang taman sehingga membuat pengunjung rilek dan adem saat berjalan mengitari Mal. Beachwalk Shopping Mall  berdiri di lahan seluas 3,7 hektar.

Contoh Deskripsi objektif

  • Orchid Forest Cikole Lembang merupakan taman anggrek terluas di Indonesia. Berada di tengah kawasan hutan lindung dan terbentang seluas 12 hektar. Setidaknya terdapat 157 jenis bunga anggrek beraneka macam dikembangkan di sini. Orchid Forest Cikole Bandung ini memfokuskan diri untuk memperkenalkan dan membudidayakan berbagai tanaman anggrek. Menggunakan metode lokal maupun internasional. Terdapat lebih dari 157 varietas anggrek, disini kamu juga dapat bermain outbond, mengunjungi taman baca anak, melihat penangkaran rusa, dan masih banyak lagi. 

Deskripsi imajinatif

  • Tahun baru 2022 kali ini masih sama seperti dua tahun belakangan ini dimana tidak meriah seperti tahun-tahun sebelumnya lantaran di Indonesia masih ada virus covid-19. Di Jakarta, perayaan tahun baru sangat diperketat karena ada aturan tertentu dimana beberapa tempat ditutup hingga pukul 22.00 WIB. Seperti tempat makan, hanya diperbolehkan buka hingga pukul 22.00 WIB. Suasana di jalan raya juga tidak begitu ramai karena dilakukan patrol oleh petugas pengamanan. Sehingga masyarakat tidak bisa bebas dalam merayakan tahun baru kali ini.

Deskripsi faktual

  • Lokasi tempat hiburan di massa pandemi ini sangat sepi pengunjung. Bahkan, hanya beberapa pengunjung saja yang bengunjungi tempat hiburan tersebut. Tempat hiburan karaoke di Jakarta Barat BKARAOKE juga terlihat beberapa petugas yang mondar-mandir menjaga pintu masuk. Petugas itu seorang satpam yang mengenakan seragam berwarna cokelat.

Itulah beberapa contoh teks deskripsi, beserta penjelasan, dan jenis-jenisnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pengetahuan kamu.

Bimbingan Menulis Maxnovel (Doc: Istimewa)

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

MaxNovel bersama dengan berbagai universitas di Indonesia, termasuk LP3I, bekerja sama dalam rangka memberdayakan kemampuan para penulis muda.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024