Ingin Jadi Dokter Kecantikan? Ini Skill yang Wajib Dimiliki

Ahli kecantikan
Sumber :
  • Dokumentasi

VIVA – Kebutuhan untuk merawat diri dan tampil lebih baik di depan publik, membuat industri kecantikan semakin berkembang pesat. Hal itulah yang mendorong banyak dokter ingin memperdalam bidang keilmuannya di bidang kecantikan atau estetika

5 Manfaat Lakukan Facial, Tingkatkan Sirkulasi Darah Hingga Jaga Kesehatan Kulit

Nah, jika saat ini kamu merupakan tenaga medis, seperti dokter umum, dokter spesialis, perawat dan tenaga medis lainnya yang ingin memperdalam ilmu di bidang estetika, Jakarta Science Academy (JSA), bisa jadi salah satu pilihan. 

Dokter Trainer dan Instruktur di Jakarta Science Academy, Dr. Donna, menjelaskan, metode pengajaran di Jakarta Science Academy (JSA) merupakan gabungan dari ilmu pengetahuan medis dan artistic kecantikan. 

Tips Gunakan Lip Cream yang Tepat, Perhatikan Sebelum dan Saat Mengaplikasikannya

"Di sini teori yang akan diberikan sebesar 25 persen dan lebih difokuskan kepada praktik 75 persen, sehingga peserta lebih cakap ketika terjun langsung di dunia lapangan pekerjaan," ujar Donna dalam keterangannya, Sabtu 5 Maret 2022. 

Dokter Donna menambahkan, JSA sendiri sudah berdiri sejak 2018 yang sudah diikuti oleh dokter umum maupun dokter spesialis. Ada lebih dari 2000 dokter setiap tahunnya yang berasal dari berbagai lulusan Universitas di Indonesia, bahkan sampai dokter lulusan luar negeri. 

Wanita Tercantik di Dunia Tahun 2019, Tzuyu Maknai Arti Cantik Tak Melulu Soal Fisik

"Sudah lebih dari 4 tahun terakhir, hampir 80 persen lulusan dari Jakarta Science Academy sudah berhasil mendapatkan pekerjaan dan 20 persen membuka klinik estetika secara mandiri," kata dia. 

Donna lebih lanjut mengatakan, Dokter Trainer/Instruktur di JSA merupakan dokter spesialis dan dokter aesthetic yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidangnya. Di mana pemberian materi dan teknik skill yang diberikan kepada peserta lebih mudah dipahami, komprehensif dan ter-update

"Peserta yang mengikuti kursus dan pelatihan di Jakarta Science Academy (JSA) akan mendapatkan praktik langsung ke pasien (Hands on 1 on 1) setelah pemberian materi oleh dokter Trainer/Instruktur," kata dia. 

Menurut Donna, fasilitas yang diberikan oleh Jakarta Science Academy terdiri dari ruang belajar mengajar yang eksklusif dan produk-produk estetika yang berkualitas dan aman. Selain itu, ada juga alat-alat treatment dengan teknologi terlengkap, ter-update dan tercanggih. 

"Salah satunya yaitu memberikan pembelajaran Anatomy dengan Video Cadaver. Sementara untuk pelatihannya, terdapat empat level kelas, yakni Basic Class, Intermediate Class, Advance Class dan Special Class," ujarnya. 

"Setiap tingkatan level kelasnya mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda yang dilengkapi dengan enam jenis materi pelatihan, yakni Aesthetic Course, PRP & Microneedling Course, Laser Course, Botox Course, Filler Course, dan Threadlift Course. Modul yang diberikan terdiri lebih dari 50 materi estetika yang mendukung pengetahuan yang luas dan mendalam," tutur dr. Donna.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya