4 Teori Seram Dibalik 5-Minutes Crafts Versi Nessie Judge

 5-Minute Craft
5-Minute Craft
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Lifestyle –  Video teori konspirasi di balik 5-Minute Craft yang pernah dibuat oleh YouTuber Indonesia Nessie Judge di kanal YouTube-nya sempat menjadi sorotan. Bahkan video teori konspirasi tersebut sempat masuk dalam 30 besar trending di YouTube. 

5-Minute Craft merupakan sebuah akun yang dikenal dengan berbagai life hack yang dibuat sebagai konten YouTube-nya seperti ide-ide DIY. Hingga saat ini kanal YouTube 5-Minute Craft tersebut telah memiliki sebanyak 77 juta subsriber di Youtube. Bahkan 5-Minute Craft disebut sebagai DIY nomor 1 di dunia dan top 10 di semua Facebook pages. 

Lantas, bagaimana teori 5-Minute Craft yang dibuat versi Nessie Judge tersebut? Simak penjelasannya berikut  ini. 

1. Didirikan oleh perusahaan Rusia

 5-Minute Craft

5-Minute Craft

Photo :
  • Tangkapan Layar

Akun 5-Minutes Craft adalah salah satu kanal yang dimiliki perusahaan Thesoul Publishing. Perusahaan Thesoul Publishing didirikan oleh dua orang yang berasal dari Rusia yakni Pavel Radaev dan Marat Mukhametov. Kantor perusahaan ini terletak di Cyprus, Rusia.

Perusahaan Thesoul Publishing ini juga juga menaungi kanal terkenal yang lainnya seperti 5-Year Crafts, 23 GO!, Avocado Couple I Crazy Comic, Babby Zoo, Bright Side, La La Life, Slick Slime Sam, SMOL, Teen-Z dan Polar.  

Thesoul Publishing ini jika ditotal memiliki lebih dari 1 miliar subscriber dari kanal-kanal yang dimilikinya. Belum lagi, konten-konten yang diproduksi oleh Thesoul Publishing juga telah diterjemahkan ke dalam 19 bahasa berbeda.

Karena kesuksesan besarnya, banyak yang menilai bahwa Thesoul bukanlah sebuah perusahaan yang wajar. Maka dari itu banyak beredar cerita terdapat kisah-kisah gelap di baliknya dan disembunyikan oleh perusahaan ini.

2. Tips palsu yang berbahaya 

Ilustrasi dilarang

Ilustrasi dilarang

Photo :
  • Pixabay

Kanal 5-Minutes Craft tak jarang berisikan berbagai DIY atau tips-tips palsu yang ternyata dapat membahayakan para penontonnya. Salah satunya seperti memberikan pasta gigi Colgate untuk menyembuhkan luka bakar. 

Namun nyatanya tips tersebut tidak benar sampai-sampai Colgate harus mengeluarkan pernyataan untuk memperingatkan orang agar tidak menggunakan pasta gigi untuk luka bakar karena berisiko dan berbahaya.

Selain itu, ada juga tips aneh lainnya seperti membuat es krim dari bahan pewarna actived charcoal atau arang aktif. Padahal arang aktif memiliki efek samping yang cukup berbahaya bagi pencernaan. Misalnya seperti menyebabkan diare, sembelit, muntah-muntah hingga penyumbatan saluran pencernaan.

Selain itu, ada juga tips memutihkan strawberry dengan memasukkan buah tersebut ke cairan pemutih. Pastinya tips ini berbahaya jika dilakukan apalagi jika sampai dilakukan anak kecil.

Karena hacks-hacks yang tak masuk akal dan berbahaya tersebut, banyak orang menganggap itu sebagai hacks palsu karena karyawannya kehabisan. Hal itu juga dianggap karena mereka harus memenuhi tuntutan dari perusahaan.

3. Sebagai media politik Rusia

Ilustrasi bendera Rusia.

Ilustrasi bendera Rusia.

Photo :
  • ANTARA FOTO

Cukup banyak orang yang berspekulasi bahwa kanal 5-Minute Craft merupakan sebuah media yang sengaja dibuat oleh Rusia untuk kepentingan politik. Perusahaan Thesoul Publishing diduga telah bekerja sama dengan Pemerintahan Rusia dan menjadikan kanal-kanalnya sebagai propaganda halus.

Mungkin 5-Minutes Craft terlihat berisikan konten video tips dan trick serta prank yang penuh warna, namun di balik itu semua mereka memasukkan agenda-agenda politik yang mudah tersampaikan dan dipercaya penonton secara halus.

Salah satu video yang mengandung unsur politik sempat diupload di kanal The Smart Banana di mana kanal tersebut memberikan informasi tentang pengetahuan dan tata surya. Dalam video dijelaskan tentang pemerintahan Rusia yang hebat di jaman Uni Soviet, tepatnya saat masa kekuasaan Joseph Stalin.

Hal tersebut sama dengan misi pemerintah Rusia yang ingin membersihkan nama Joseph Stalin agar masyarakat mengingat Stalin sebagai seorang pahlawan.

Padahal, dalam sejarah Stalin dikenal sebagai seorang pemimpin diktator yang membunuh lebih dari 60 juta orang. Dirinya juga dan tidak segan menghabisi ofang yang melawan pemerintahannya. Namun, video tersebut telah dihapus pada tahun 2019 lalu. 

4. Uang untuk Militer Rusia

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF)

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF)

Photo :
  • britannica.com

Teori terbesar mindblowing yakni adalah bahwa perusahaan Thesoul memberikan hasil uang mereka untuk kepentingan militer Rusia. Dalam videonya, Nessie menjelaskan bahwa bukti-bukti artikel dari pernyataan ini sangat banyak saat dicari satu tahun lalu, namun  sekarang bukti tersebut menghilang dan tidak dapat ditemukan.