7 Cara Membuat Kantor dan Rumah Lebih Ramah Lingkungan

Ilustrasi furnitur.
Sumber :
  • Ist.

VIVA Lifestyle – Perubahan iklim telah membuat kita harus segera bergerak menjaga bumi dan lingkungan. Banyak cara yang bisa dilakukan dalam menjaga lingkungan, yang bisa dimulai dari rumah, kantor dan lingkungan sekitar. 

Gelar Connect Preneur, Begini Strategi J&T Express Bantu Kembangkan UMKM

Masih ada banyak cara untuk membuat perubahan berarti yang dapat mengurangi dampak Anda terhadap lingkungan. Berikut ini dikutip dari sparkpost, tujuh cara untuk membuat rumah atau kantor Anda menjadi lebih hijau dan ramah lingkungan. Scroll yuk.

1. Maksimalkan cahaya alami

Ikuti 6 Cara Ini Agar Bisa Cantik Meski dari Rumah

Ilustrasi ruangan.

Photo :
  • Pixabay/StockSnap

Salah satu cara mudah untuk go green? Siapkan tempat kerja Anda di dekat jendela! Ini akan memungkinkan Anda untuk mengurangi penggunaan energi dengan mematikan lampu. 

Taspen Gandeng BPR DP Taspen Perluas Pelayanan Bagi Peserta

Jika sinyal wifi Anda cukup kuat dan furnitur teras Anda cukup bersih, Anda bahkan dapat mempertimbangkan untuk bekerja di luar untuk menikmati alam saat Anda menyelesaikan pekerjaan!

2.. Matikan dan cabut perangkat di malam hari

Ilustrasi mengatur suhu ruangan

Photo :
  • American Home Shield

Kita semua bersalah karena membiarkan barang elektronik dicolokkan ke dinding bahkan ketika kita tidak menggunakannya, yang dapat menjadi pemborosan energi yang besar. 

Saat Anda menyelesaikan pekerjaan Anda, matikan dan cabut komputer Anda ke rutinitas akhir hari Anda. Ini tidak hanya akan membantu mengurangi konsumsi energi Anda, tetapi juga dapat menghemat uang Anda!

3. Kurangi penggunaan kertas

Sebagai perusahaan email, kami mungkin sedikit bias dalam hal ini…tapi jumlahnya tidak bohong. Rata-rata karyawan menggunakan lebih dari 10.000 lembar kertas setiap tahun. 

Jika memungkinkan, hindari mencetak dokumen untuk mengurangi penggunaan kertas Anda. Akan lebih mudah untuk menemukan apa yang Anda cari di kotak masuk Anda daripada di tumpukan di meja Anda!

4. Jika harus menggunakan kertas, cetak dua sisi

Kami mengerti, terkadang mencetak dokumen tidak bisa dihindari. Jika Anda memang harus mencetak sesuatu, pastikan untuk mencetak di kedua sisi kertas. Menyesuaikan pengaturan printer Anda ke pencetakan dupleks hanya membutuhkan beberapa saat. Anda dapat menemukan petunjuknya di sini!

5. Gunakan produk pembersih ramah lingkungan

Setelah seharian bekerja, meja Anda mungkin tertutup oleh cincin kopi dan remah-remah makan siang yang berarti sudah waktunya untuk dibersihkan. Saat membersihkan tempat kerja Anda, prioritaskan penggunaan produk pembersih ramah lingkungan seperti ini. 

Merek produk pembersih ramah lingkungan seringkali tidak menggunakan bahan kimia keras yang dapat merusak lingkungan dan mungkin menggunakan bahan daur ulang untuk membuat kemasannya.

6. Rawat furnitur 

Banyak cara dilakukan untuk mempertahankan keindahan dan keawetan furniture di rumah Anda. Namun, tidak sedikit yang mengeluh saat mengetahui warna dan kualitas furniture mulai memudar.

HPL Wilsonart dan Arborite diperkenalkan oleh VIVERE Group selaku agen tunggal Arborite dan Wilsonart ke pasar interior Indonesia sudah lebih dari 20 tahun yang lalu. Keduanya merupakan HPL terbaik di kelasnya dengan keunggulan masing-masing yang unik. 

Arborite memiliki keunggulan M+ bagi interior atau furnitur: More Durability, More Hygiene, dan More Health & Safety. Arborite M+ dapat digunakan untuk jangka waktu lebih lama, memiliki bahan anti  bakteri yang aman untuk penggunaan dalam kehidupan sehari-hari, serta ramah terhadap lingkungan.

""Dengan teknologi termutakhir dan berbagai sertifikasi yang diakui dunia, Wilsonart merupakan laminasi terdepan di kelas premium," ujar Juni Novita Hariyanti selaku Digital Marketing Specialist - HPL VIVERE Group, dari keterangan terulisnya.

Katalog Wilsonart yang bertemakan “Continue the Journey” dan Arborite yang bertemakan “Extraordinary by M+ Life” mengusung inspirasi dari keindahan alam. Wilsonart dan Arborite menghadirkan beberapa koleksi warna dan pilihan tekstur baru: Wilsonart menghadirkan 10 koleksi warna baru, dan Arborite menghadirkan 30 koleksi warna baru dan 1 pilihan tekstur baru, yaitu tekstur Natural Touch (NT+). 

"Dengan peluncuran katalog baru ini, VIVERE Group optimis bahwa Arborite dan Wilsonart dapat memperkaya opsi laminasi dan membantu para desainer menemukan solusi dalam memilih material yang berkualitas, mendukung hidup sehat dan ramah lingkungan," ujar Juni.

7. Tambahkan tanaman meja

Ilustrasi tanaman di meja kerja

Photo :
  • Dokumentasi Strongbow

Menambahkan tanaman ke meja tidak hanya akan menghidupkan tempat kerja Anda, tetapi juga bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat kantor rumah Anda lebih hijau. 

Tanaman membantu mengurangi Senyawa Organik Volatile dan polusi di udara yang akan membantu Anda dan bumi bernafas sedikit lebih mudah. Lihat daftar tanaman yang bisa menjadi tambahan sempurna untuk meja Anda.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya