8 Amalan Kebaikan Puasa yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadhan

Ilustrasi wanita muslim/wanita berhijab.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA Lifestyle – Selain menjalankan puasa, sebagai umat Muslim kita juga harus melakukan amalan kebaikan di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Terdapat sejumlah amalan kebaikan di bulan puasa yang bisa dilakukan dan diamalkan oleh umat Muslim. 

Saat Berdoa di Rakornas Pilkada, PAN Yakin Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Lantas, apa saja amalan kebaikan tersebut? Berikut ini sederet amalan kebaikan yang dapat dilakukan oleh umat Muslim selama bulan puasa yang dihimpun dari berbagai sumber. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Berpuasa dengan penuh kesadaran dan ikhlas

Bakrie Amanah Himpun Dana Rp 6,5 Miliar pada Ramadhan 2024 

Ilustrasi aroma mulut berpuasa.

Photo :
  • U-Report

Tak hanya menahan diri dari makan dan minum, saat puasa kita juga harus menghindari perbuatan-perbuatan yang tidak baik dan diharamkan seperti berbohong, berbuat curang dan berbuat dosa lainnya.

Top Trending : Aksi Turis Bali Ceburkan Motor ke Kolam Renang hingga Marselino Jadi Tumbal

2. Membaca dan mempelajari Al-Quran secara rutin

Ilustrasi membaca Alquran.

Photo :
  • U-Report

Selama bulan Ramadhan, umat Muslim dianjurkan berusaha untuk membaca Al-Quran dan mengambil manfaat dari ayat-ayat suci dengan mempelajarinya. Bahkan lebih bagus lagi jika bisa haram Al-Quran di bulan Ramadhan ini. 

Ilustrasi sedekah.

Photo :
  • U-Report

Selama bulan puasa, memberikan sedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sedekah dapat diberikan dalam berbagai bentuk seperti bersedekah baik itu makanan, uang atau bantuan lainnya kepada orang yang membutuhkan.

4. Menjaga silaturahmi

Ilustrasi silaturahmi.

Photo :
  • ajikarsono.wordpress.com

Tak hanya puasa, baca Al-Quran dan bersedekah saja, selama bulan Ramadhan umat Muslim juga harus menjaga silaturahmi dan meningkatkan hubungan baik dengan keluarga, tetangga, dan teman-teman lainnya. 

5. Mengerjakan sholat tarawih

Sholat Tarawih 2011

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Meski bersifat sunnah, namun sholat tarawih yang dilakukan setelah sholat Isya dan dapat dilakukan secara berjamaah di masjid atau di rumah ini juga jangan sampai kelewatan. Sebagai umat Muslim kita juga dianjurkan untuk mengerjakan sholat malam (tahajud) sebagai bentuk ibadah yang lebih.

6. Menjaga perilaku baik

ilustrasi orang baik.

Photo :
  • U-Report

Selama bulan puasa, umat Muslim diharapkan untuk meningkatkan kualitas perilaku dan memperbaiki sikap menjadi lebih baik lagi. Misalnya seperti menjaga kesopanan, kejujuran dan toleransi serta menghindari perbuatan yang buruk. 

7. Berdoa dan berzikir

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • U-Report

Selama bulan Ramadhan, sebagai Muslim kita juga tentu ianjurkan untuk meningkatkan aktivitas berdoa dan berzikir. Ini dilakukan sebagai cara untuk memperkuat hubungan kita dengan Allah SWT dan meningkatkan kesadaran spiritual. 

8. Menghindari perbuatan buruk

Ilustrasi pebisnis yang buruk.

Photo :
  • U-Report

Bukan hanya semata-mata berpuasa saja, sebagai umat Muslim kita harus  menghindari perbuatan buruk seperti berbicara kasar, merokok, berjudi, atau melakukan hal-hal yang bertentangan dengan ajaran Islam. Apalagi selama berada dalam bulan suci Ramadhan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya