Masuk Kerja Usai Libur Panjang Bikin Tubuh Kaget, Yuk Coba 5 Persiapan Penting Ini

Ilustrasi lemas dan malas
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Setelah melalui bulan Ramadhan dan merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan libur panjang, tidak terasa sekarang sudah memasuki bulan baru dan sudah waktunya untuk bersiap kembali kerja dan memulai rutinitas seperti biasanya. Namun, bagi sebagian orang, tidak mudah untuk mulai kembali beraktivitas setelah libur panjang. 

Tristan Alif 'Lionel Messi Indonesia' Bantu Kenalkan Produk Olahraga Indonesia

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, baik itu mental maupun perlengkapan agar bisa dapat kembali beraktivitas menghadapi kegiatan sehari-hari yang padat. Berikut beberapa tips persiapan untuk kembali beraktivitas setelah libur panjang, dikutip siaran pers Shopee. Yuk, scroll.

Mempersiapkan diri agar fit dan sehat 
Setelah berpuasa selama sebulan penuh, pastikan untuk memulai kembali kebiasaan sehat dengan berolahraga, tidur yang cukup, dan menjaga asupan nutrisi yang seimbang. Apalagi kalau saat liburan kemarin, kamu banyak mengonsumsi makanan cepat saji dan kurang bernutrisi. 

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Makin Berkembang

Untuk menghindari kondisi badan jadi tidak bugar, mulai secara perlahan untuk merubah pola makan dan melakukan olahraga yang simpel. Usahakan juga untuk menjaga waktu tidur yang teratur dan cukup agar terbiasa saat nanti harus kembali beraktivitas. 

Nagita Dihujat Karena Suka Kasih Makanan Sisa, Begini Pembelaan Raffi Ahmad

Kamu bisa mulai minum suplemen dan vitamin untuk menjaga kesehatan, mengikuti video-video home workout, serta mengolah makanan kaya nutrisi untuk memulai rutinitas sehatmu. Kamu bisa membeli berbagai bahan makanan, suplemen dan vitamin, hingga perlengkapan olahraga.

Mempersiapkan catatan kegiatan yang harus dilakukan setelah kembali beraktivitas 
Membuat daftar kegiatan atau tugas yang harus diselesaikan setelah libur panjang dapat membantu mengurangi rasa cemas dan kebingungan. Luangkan waktu selama 30 menit untuk duduk dan mengingat kegiatan yang harus dilakukan maupun pekerjaan yang harus diselesaikan saat nanti sudah kembali beraktivitas. 

Buat list dan tulis dalam secarik kertas atau buku catatan agar tidak lupa dan mudah untuk di cek nantinya. Kamu juga bisa menghias dan mempercantik list dengan spidol maupun sticker agar bisa menambah semangat untuk mengerjakan nya. Berbagai buku catatan, planner, spidol, dan berbagai peralatan tulis bisa kamu temukan di Shopee 5.5 Bagi Bagi Cuan untuk membantu mengatur jadwal dan mengingatkan pada kegiatan yang harus dilakukan.

Membiasakan kembali ke rutinitas 
Memang setelah bersantai menikmati liburan, mungkin bagi beberapa orang akan merasa sulit untuk menyetel diri melakukan rutinitas sebelum liburan. Sebenarnya, itu umumnya hanya terjadi di beberapa hari pertama kerja. Namun, setelah itu kamu mulai bisa menemukan kembali kebiasaan saat bekerja dan merasa produktif seperti semula. 

Agar dapat dengan baik mempersiapkan diri sebelum kembali ke kantor, sebaiknya kamu siapkan jeda satu hari dari libur ke mode kerja. Waktu tersebut bisa digunakan untuk menghilangkan stres dengan menandai waktu untuk menangani tugas sehari-hari sebelum kembali ke kantor atau beraktivitas. Mempersiapkan diri satu hari lebih awal, jauh lebih baik daripada pulang liburan langsung bekerja tanpa jeda sama sekali.

ilustrasi multitasking/bekerja.

Photo :
  • freepik/wayhomestudio

Mempersiapkan kebutuhan untuk siap beraktivitas
Pastikan untuk mempersiapkan kebutuhan yang dibutuhkan untuk kembali beraktivitas seperti pakaian kerja atau perlengkapan sekolah. Mungkin bagi sebagian orang, membeli barang baru dapat menjadi cara yang baik untuk menambah semangat dan produktivitas. 

Misalnya, kamu dapat membeli alat tulis baru seperti pena atau buku catatan, sepatu, baju, peralatan elektronik seperti smartphone dan laptop baru, atau bahkan dekorasi baru untuk meja kerja. Dengan beberapa persiapan dan langkah kecil tersebut, kamu dapat kembali ke produktivitas dan rutinitas dengan mudah dan efektif, bahkan jadi lebih semangat.

Mengatur ulang dan memeriksa keuangan 
Setelah libur panjang, mengatur ulang anggaran keuangan sangat penting untuk dilakukan. Jika kamu tipe orang yang tidak begitu memperhatikan pengeluaran saat sedang berlibur, maka sekarang waktu nya untuk mengetahui sisa uang dan mencatat pengeluaran apa saja yang kamu gunakan selama liburan kemarin. Setelah itu, buatlah perkiraan anggaran pengeluaran ketika nanti sudah kembali beraktivitas, seperti berapa biaya transportasi dan makan yang dibutuhkan. 

Jangan lupa untuk membatasi pengeluaran yang tidak perlu dan jika memang ada yang harus dibeli coba sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Kamu juga bisa semakin menghemat dan mengatur kembali keuangan tanpa menguras kantong dengan memanfaatkan berbagai promo dan diskon menarik.

"Dalam puncak kampanye 5.5 Bagi Bagi Cuan pada 5 Mei mendatang, kami berkolaborasi dengan para penjual dan mitra brand favorit pengguna serta merangkai penawaran tanpa henti selama satu hari penuh. Kami harap sederet kemeriahan ini dapat menemani masyarakat dalam mempersiapkan diri kembali produktif saat beraktivitas setelah libur panjang," tandas Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia, Daniel Minardi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya