Kisah Endy Agustian yang Gemar Bagikan Tips Mengerjakan Skripsi

Ilustrasi Mahasiswa Mengerjakan Skripsi (Gambar: Shutterstock)
Sumber :
  • vstory

JAKARTA – Skripsi adalah sebuah karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana. Skripsi bertujuan untuk menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama masa studi di perguruan tinggi.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Proses menulis skripsi dapat menjadi tantangan yang kompleks bagi banyak mahasiswa. Scroll lebih lanjut ya.

Hal ini yang juga pernah dirasakan Endy Agustian. Pada usia yang masih sangat muda ia telah menyelesaikan pendidikan S3 pada bidang Ilmu Geografi dari Universitas Gadjah Mada. Selama menempuh tiga jenjang pendidikan tersebut, Endy merasakan perbedaan mental yang terjadi dalam dirinya. Hal ini terlihat pada target dan pencapaian yang harus diraihnya selama menempuh pendidikan.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Setelah mendapatkan pengakuan sebagai seorang Doktor yang ahli dalam bidang Geografi Perkotaan dan Pengembangan Wilayah, Endy merasa bahwa ilmu yang telah diperolehnya akan sia-sia jika tidak dibagikan atau disebarluaskan. Untuk membuktikannya, ia menggunakan media sosial Instagram dengan akun @endyagustian untuk berbagi tips mengenai skripsi kepada para pengikutnya, yang sebagian besar adalah mahasiswa.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Endy membagikan tips-tips seputar menulis skripsi, membuat latar belakang dan permasalahan, menentukan metode penelitian, hingga mencari celah dalam penelitian. Selain itu, Endy juga sering membuka sesi diskusi melalui fitur Tanya Jawab di Instagram story terkait skripsi dan dinamika yang dialami mahasiswa melalui hashtag #askendy. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh para pengikutnya, termasuk tips memulai skripsi, cara mengatasi kehilangan semangat saat menyelesaikan skripsi, dan menentukan topik skripsi.

Endy Agustian

Photo :
  • dok pri

“Saya sangat senang sekali dapat berbagi kepada teman-teman followers saya di Instagram. Saya merasakan apa yang mereka rasakan saat menyelesaikan skripsi, dulu saya pernah stuck saat menyelesaikan skripsi, saya bingung dan gak tahu mau diskusi dengan siapa, akhirnya berusaha semaksimal mungkin untuk keluar dari moment stuck tersebut," katanya.

Endy juga sering menulis kata-kata motivasi yang dia posting di feed Instagram-nya, terkait motivasi diri yang ditujukan kepada mahasiswa yang sedang berjuang menyelesaikan skripsi. Ia membagikan rumus #1D1P, yaitu "one day one paragraph" (satu hari satu paragraf). Menurutnya, skripsi harus dicicil, meskipun hanya sedikit, setidaknya ada kemajuan.

“Kepada teman-teman Mahasiswa percayalah skripsi yang baik itu adalah skripsi yang selesai, jika ingin lulus ya harus diselesaikan skripsinya,” kata Endy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya