Ustaz Adi Hidayat Ungkap Keistimewaan Doa Ini di Hari Jumat

Ustadz Adi Hidayat
Sumber :
  • Youtube Adi Hidayat Official

JAKARTA – Tiba hari Jumat yang selalu dianggap istimewa dan berbeda dibanding hari lainnya bagi umat muslim di dunia. Bukan saja karena amalan di hari Jumat yang begitu berkah, namun juga doa khusus yang dipanjatkan di hari tersebut memberi manfaat luar biasa.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Hari Jumat dikaitkan dengan amalan seperti berbagi makanan ke sesama untuk meningkatkan pahala, serta sholat Jumat itu sendiri yang dilaksanakan kaum adam. Hari Jumat yang mulia juga dirasakan karena aktivitas bermakna yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Scroll lebih lanjut ya.

Tak heran, penceramah Ustaz Adi Hidayat memberi anjuran agar umat muslim mengamalkan sebuah doa yang dapat bermanfaat bila diucapkan di hari Jumat. Hal itu tertuang dalam video yang disampaikan dalam ceramah di akun TikTok Rajiyaridhallah.

Top Trending: Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Hingga Habib Bahar Gombalin Pelayan Restoran

"Allahumma ikfina bihalaalika 'an haromika wa bifadhlika 'amman siwak," terang Ustadz Adi Hidayat.

Potong Kuku Mulai dari Jari Mana? Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Dijelaskan Ustaz yang lahir di Pandeglang itu bahwa doa khusus di hari Jumat itu sangat baik bila dibacakan di hari Jumat. Untuk laki-laki, doa tersebut bisa dilantunkan tepat setelah shalat Jumat selesai dilaksanakan.

"Jangan cepat-cepat keluar, zikir walau sejenak, bermohon kepada Allah dan bacakan doa itu," jelas Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat

Photo :
  • VIVA/Adi Suparman

Ada pun amalan doa tersebut bisa dilakukan sebagai bagian dari zikir setelah shalat pada umumnya. Selain kaum adam, para perempuan yang tak melaksanakan sholat Jumat pun dapat mengamalkan doa tersebut.

"Perempuan atau istri boleh bacakan doa itu," kata Ustaz Adi Hidayat.

Bagi perempuan, doa tersebut dapat diamalkan dengan diucapkan di waktu berbeda dengan laki-laki. Waktu terbaik untuk mengucapkannya yakni setelah sholat Ashar sebagai bagian dari zikir di hari Jumat.

"Bacakan doa itu disaat-saat ba'da sholat Ashar menjelang ke maghrib, bacakan itu minta kepada Allah," terang Ustaz Adi Hidayat.

Ilustrasi berdoa

Photo :
  • Pixabay

Tak sekedar diucap, namun lantunan doa tersebut memiliki keutamaan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Salah satunya, umat muslim akan dimudahkan terbebas dari hutang dan memuliakan orang tersebut.

"Apa faedahnya, dua. Pertama, Allah SWT akan bebaskan kita dari hutang yang melilit dalam kehidupan, kedua Allah SWT akan memuliakan kita dengan semua kemuliaan yang terbaik yang Allah SWT berikan kepada kita," jelas Ustaz Adi Hidayat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya