Belajar dari Sherry Winata, Setahun Bangun Bisnis Cuan Ratusan Juta Per Bulan

Pebisnis Sherry Winata.
Sumber :
  • Dok Sherry Winata.

MEDAN – Kisah sukses para pebisnis selalu menarik untuk dikulik. Apalagi, jika dapat memberikan inspirasi untuk orang lain agar meraih kesuksesan yang sama. Atau setidaknya, memberikan motivasi untuk terus bekerja keras mengejar impian meraih keberhasilan.

VKTR Cetak Pendapatan Rp 205 Miliar Kuartal I-2024

Banyak pebisnis muda yang mampu berkarya sekaligus berjaya. Ada begitu banyak entrepreneur Indonesia yang mengawali bisnisnya di usia muda dan membuktikan bahwa dirinya mampu. Salah satunya adalah Sherry Winata Harefa. Siapa dia? Yuk, scroll untuk mengetahui lebih lanjut.

Dirinya cukup sukses menjalani bisnis dengan mengusung brand skincare Colleen Beaute sejak November 2022 lalu. Meski brand tersebut masih terbilang baru, namun mampu membuktikan diri dapat bersaing dengan brand-brand terkemuka dalam negeri, bahkan luar negeri.

Codeblu Belum Bayar Utang Rp500 Juta, Aline Adita Ancam Bakal Sita Asetnya

Sherry menuturkan betapa perjalanannya membangun brand miliknya bukanlah sesuatu yang mudah. Sebelum memutuskan membuat brand sendiri, dirinya mengerjakan banyak hal. Mulai dari menjual softlens, open pre order baju hingga membuka channel di YouTube dengan menghadirkan konten unboxing.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Ketertarikannya dengan dunia kecantikan akhirnya menjadi pendorong dirinya untuk membangun brand sendiri. Sherry memberanikan diri menciptakan brand, dengan keinginan sederhana untuk dapat menggunakannya sendiri. Sosok entrepreneur muda seperti Felicya Angelista dan Liana Lie menjadi panutan Sherry untuk melakukan hal yang sama. 

"Saya ingin membuat produk dari brand saya sendiri, untuk saya pakai dengan kualitas terbaik dan bisa dipakai juga oleh masyarakat Indonesia,” tutur Sherry dalam keterangannya, dikutip Sabtu 22 Juli 2023. 

Seperti halnya yang dialami pelaku bisnis pada umumnya, perjalanan Sherry juga tidak selalu mulus. Sebagai brand lokal baru, Sherry harus bekerja keras untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat luas. 

Tidak jarang dirinya harus merugi lantaran ada kendala dalam proses pengiriman produk ke luar kota. Misalnya, ketika mengirim produk dari pabrik di Jakarta menuju Medan, banyak yang mengalami kerusakan. 

Kemudian, berhadapan dengan customer yang beragam, Sherry terkadang juga mengalami beberapa permasalahan. Namun, dukungan dari keluarga dan teman-temannya membuat Sherry berkecil hati.

“Terkadang ada yang marah-marah karena produknya rusak atau pengirimannya terlalu lama. Ini juga menjadi tantangan yang selalu saya hadapi dan selalu coba untuk tingkatkan. Jika ada produk yang rusak, selalu saya ganti dengan yang baru,” kata alumni SMA Methodist 2 Medan tersebut.

Namun, Sherry meyakini bahwa brand yang ia bangun punya kemampuan untuk bersaing. Apalagi, produk-produk yang ia ciptakan punya komposisi dengan kualitas tinggi, kemudian memiliki harga terjangkau. Dirinya juga pun tidak main-main dengan melakukan riset agar produk miliknya diterima masyarakat Indonesia. Semua kerja kerasnya itu terbayar ketika brand yang ia bangun mulai dikenal dan viral di kalangan selebgram.

“Saya sering tanya ke orang di Medan, tahu Colleen Beaute tidak? Dan mereka jawab tahu bahwa produk saya viral. Mendengar itu saja sudah senang sekali,” kata Sherry.

Apalagi, omzet yang mampu ia capai di luar dugaan dengan angka cukup besar. Bersama brand yang ia miliki, Sherry mampu meraih cuan per bulan di kisaran Rp300 hingga 500 juta, terutama, untuk produk parfum. 

Capaian ini lagi-lagi di luar ekspektasi dirinya, karena sejak awal Sherry ingin lebih memasarkan produk skincare. Yang tidak terduga, produk parfum justru menuai respons yang baik, sehingga kini jadi produk andalannya. 

“Usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Sebagai seorang pebisnis jangan mudah menyerah dan harus punya list goals, karena dari situ kita lebih semangat. Selain modal materi, kita harus punya tekad dan niat yang kuat. Tanpa itu, kita bisa goyah,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya