Pagelaran Sabang Merauke, Penciptaan Harmoni Melalui Musik, Tari, dan Mode Nusantara

Pagelaran Sabang Merauke 2023
Sumber :
  • ist

JAKARTA – Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, sebuah pertunjukan kolosal bernama Pagelaran Sabang Merauke "Pahlawan Nusantara" dihelat pada 19 dan 20 Agustus 2023 di JIExpo Theatre, Jakarta. Dalam pertunjukan megah ini, akan terdapat lebih dari 300 seniman lintas generasi dari beragam profesi yang akan menggambarkan keragaman budaya dan keindahan seni Indonesia.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

CEO & Presiden Direktur iForte dan Protelindo Group, Ferdinandus Aming Santoso, menyatakan bahwa pagelaran kali ini akan lebih spektakuler dan grande dibandingkan dengan tiga gelaran sebelumnya. Pagelaran ini mengusung tema konektivitas keberagaman budaya Indonesia dan diharapkan dapat menginspirasi nilai-nilai persatuan dan kesatuan kebinekaan. Scroll lebih lanjut ya.

"Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’ merupakan penghargaan dari kami kepada para pahlawan yang telah berjuang dan memberikan kehidupan yang lebih baik kepada kita sebagai sebuah bangsa. Untuk itu kami berharap pertunjukan ini dapat menggugah penonton, terutama generasi muda supaya lebih mencintai warisan budaya peninggalan leluhur bangsa agar tak lekang dimakan perkembangan zaman," ungkapnya usai Press Screening Pagelaran Sabang Merauke ‘Pahlawan Nusantara’ di JIExpo Theatre, Jakarta, Jumat, 18 Agustus 2023.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Senior Vice President BCA, Norisa Saifuddin, juga menyampaikan bahwa Pagelaran Sabang Merauke adalah bentuk penghormatan terhadap jasa pahlawan kemerdekaan Indonesia. Ia berharap, kemerdekaan yang direngkuh oleh para pahlawan dapat dilanjutkan estafet oleh pahlawan masa kini.

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Repertoar pertunjukan akan menyuguhkan 31 lagu nasional dan daerah yang akan diiringi oleh musik orkestra. Sutradara Pagelaran Sabang Merauke, Rusmedie Agus, menegaskan pertunjukan kali ini ingin mengenalkan sejarah pahlawan Nusantara melalui pertunjukan teatrikal yang memadukan tari-tarian daerah dan kontemporer, musik daerah dan nasional, serta parade busana wastra Indonesia.

Koreografer pertunjukan, Sandidhea Cahyo Narpati, menjelaskan bahwa pertunjukan kali ini akan menampilkan koreografi baru dan fresh. Para seniman tari dan musisi ternama Indonesia akan berkolaborasi dalam pertunjukan ini, menciptakan suguhan yang memukau dan harmonis.

Pagelaran Sabang Merauke 2023

Photo :
  • ist

Pagelaran ini juga akan dimeriahkan oleh penyanyi papan atas Indonesia seperti Isyana Sarasvati, Cantika Abigail, dan lain-lain, serta menampilkan fashion show dari 17 desainer kenamaan anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI).

Di luar area pertunjukan, para pengunjung juga dapat menikmati cultural fair dan festival UMKM yang melibatkan 48 UMKM Binaan BCA Bangga Lokal dan iForte, serta 3 Desa Binaan Bakti BCA.

Dengan menghadirkan elemen-elemen kebudayaan Nusantara yang beragam, Pagelaran Sabang Merauke "Pahlawan Nusantara" diharapkan menjadi ajang yang inspiratif dan membangkitkan jiwa nasionalisme, sekaligus menjadi wadah pengenalan dan pelestarian budaya Indonesia dalam format modern. Pertunjukan ini juga menjadi perwujudan apresiasi dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang demi bangsa dan negara Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya