Tak Semanis yang Terlihat, Ini Perjuangan Cypon di Dunia Cosplay

Fanda Kanugrahaeni, alias Cypon
Sumber :
  • IG @ci.pon

JAKARTA – Di era saat ini, dunia cosplay semakin digemari. Inspirasi ini banyak datang dari karakter-karakter dalam film animasi yang dikostumisasi. Salah satu nama yang menonjol dalam dunia cosplay Indonesia adalah Fanda Kanugrahaeni, atau lebih dikenal dengan nama panggungnya, Cypon.

MTsN 1 Pati Kirim Tiga Siswa ke Thailand untuk Olimpiade Matematika Internasional

Cypon, yang lahir di Cilacap pada 20 Agustus 1999, telah terjun dalam dunia cosplay sejak 2012 ketika ia masih duduk di kelas 2 SMP. Awal minatnya muncul dari karakter Rikka Takanashi dari anime Chunnibyou. Namun, pada tahun 2012, pemesanan kostum cosplay masih sangat jarang sehingga ia mencoba membeli wig melalui salah satu penjual. Scroll lebih lanjut ya.

"Waktu itu wig dan cosplay pertamaku Rikka Takanashi. Nah, 2015 aku baru dengar dan tahu ada event Jepang di domisiliku (Purwokerto), langsung nyoba event pertama kali, belum berani cosplay karena nggak tahu makeup dan belum lengkap, jadi malu," ujarnya saat dihubungi baru-baru ini.

In Memoriam: Prestasi Gemilang Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu

Setelah menghadiri event tersebut, Cypon mulai serius mendalami ilmu cosplay dan perlahan menjadi publik figur di kalangan penggemar cosplay. Dia juga berkarir sebagai anggota grup idol dance cover dari anime LoveLive yang bernama Starrush.

Viral! Perempuan 9 Tahun Mampu Angkat Besi 75 Kg

"Fokus di cosplay karena asik bisa pakai kostum yang unik, serta belajar mendalami karakternya setiap kali mau turun ke event," tuturnya.

Kedalaman dalam memerankan karakter yang dicosplay membuat Cypon merasa menjadi bagian dari karakter tersebut. 

"Berasa jadi anime asli waktu memerankannya," ucapnya.

Cosplayaer Fanda Kanugrahaeni, alias Cypon

Photo :
  • IG @ci.pon

Dalam konteks kompetisi, Cypon mengakui persaingan dalam dunia cosplay cukup ketat, terutama pada tingkat internasional.

"Untuk persaingan jelas ketat banget. Soalnya kalau buat ke jenjang seperti juri, kita harus benar-benar banyak prestasi, menang di banyak event, lalu bisa menjahit kostum dan acc props sendiri," katanya.

Cypon juga telah mencapai prestasi sebagai salah satu bintang tamu di Cirebon, Jawa Barat dan Purwokerto, Jawa Tengah. Kendati sempat vakum dari dunia cosplay antara 2019 hingga 2021, Cypon kembali beraksi pada tahun 2021 dengan memerankan Himiko Toga, karakter favoritnya. Selama bergabung dalam dunia cosplay, Cypon mendapat banyak kenalan dan jaringan.

"Tentu aku bisa dapat kenalan dari yang jauh sampai satu kota. Saling sharing tutorial makeup, sampai bisa project cosplay bareng," katanya.

Saat ditanya mengenai penampilan cosplay paling berkesan, Cypon mengingat kemenangannya di event di Purwokerto dan Bogor. Saat ini, dia tengah menyibukkan diri dengan proyek dance cover dan cosplay karakter Honkai Star Rail, serta berkolaborasi dalam dokumentasi fotografi bersama Dipqi Ghozali di berbagai event cosplay di Yogyakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya