Sosok Dibalik Viralnya Video Para Penerbang Pesawat Tempur TNI AU yang Jadi Sorotan

Para Penerbang Pesawat Tempur TNI AU
Sumber :
  • Robi Kustiyo

VIVA – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia selalu memberikan kesan hangat kepada masyarakat. Mulai dari momen lomba-lomba, hingga perayaan upacara 17 Agustus.

140 Prajurit Baru Spartan Hardha Dedali Resmi Perkuat Yonko 467 Kopasgat

Salah satu yang membuat takjub masyarakat dalam perayaan HUT RI setiap tahunnya yaitu atraksi pertunjukan demo udara dari pesawat tempur TNI Angkatan Udara di langit area Istana Merdeka. Masyarakat kagum akan atraksi menakjubkan para penerbang pesawat TNI AU.

Belakangan ini viral sebuah video-video kompilasi yang menunjukkan beberapa prajurit TNI AU yang sedang bertugas dan mencuri perhatian. Saking kagumnya, warganet sampai mencari-cari siapa saja kah para prajurit itu.

Waspada Modus Pencuri Sepeda Motor yang Pura-Pura Kecelakaan

Lantas, seperti apa video-video tersebut? Dan siapakah sosok dibalik pembuatan videonya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Video para prajurit TNI AU bertugas viral

Jawaban Tak Terduga Seorang Anak saat Ditanya Alasan Tak Ingin Punya Adik, Takut Global Warming

Para Penerbang Pesawat Tempur TNI AU

Photo :
  • Robi Kustiyo

Pada momen bulan Agustus ini, video soal para prajurit TNI AU yang atraksi demo udara di Istana Merdeka, Jakarta menjadi sorotan. Tak hanya itu, video lain yang menunjukkan prajurit TNI AU sedang bertugas juga menjadi sorotan hingga viral di media sosial.

Seperti yang terlihat dalam unggahan akun TikTok @robi_kustiyo, beberapa unggahannya telah ditonton jutaan, dan mendapat beragam ribuan komentar positif dari masyarakat.

Senin, 21 Agustus 2023 kemarin VIVA berkesempatan berbincang dengan akun yang memviralkan kegiatan para prajurit TNI AU. Diketahui bahwa pemilik akun tersebut bernama Robi Kustiyo yang sebenarnya juga bertugas di penerangan Koopsudnas, Lanud Halim Perdanakusuma.

Kata dia, alasan membuat kompilasi video kegiatan para prajurit TNI AU itu agar menambah kecintaan dan kebanggaan masyarakat kepada TNI Angkatan Udara. Juga, lebih dekat mengenal sosok dibalik pilot pesawat tempur TNI AU.

“Tujuannya itu ya memperkenalkan kepada masyarakat umum bahwa TNI AU tuh keren luar biasa seperti ini. Ibaratnya di balik flypass yang spektakuler kayak kemaren di Istana. Jadi melihat lebih dekat dengan sosok-sosok penerbangnya, ground crew, teknisinya,” kata Robi Kustiyo kepada VIVA, Senin, 21 Agustus 2023 di kawasan Halim Perdanakusuma.

Jika menilik dari beberapa unggahannya, memang komentar-komentar warganet sangat positif. Kata Robi, videonya kini semakin menarik lantaran dibuat dengan trend yang sedang happening sekarang ini. Bukan hanya warga Indonesia saja, tetapi warganet dari luar negeri juga ikut berkomentar dan memuji kehebatan TNI AU Indonesia.

“Respon warganet sangat bagus, terbukti dari ribuan komentar, ribuan like dan banyak yang dm masuk, menanyakan lebih jelas tentang kegiatan tersebut. Yang komen nggak cuma warga Indonesia, jadi sampai ke luar negeri,” pungkasnya.

Video tersebut juga berdampak positif kepada para prajurit yang terekam kamera. Bahkan pengikut di media sosialnya makin bertambah semenjak video-videonya viral.

“Seneng. Makanya saya izin dulu sebelum upload. Disitu saya juga cantumkan mention, tag, jadi beliau-beliau juga monitor. Dan beliau itu memosting ulang. Salah satu dampaknya followers naik, masyarakat juga tahu ‘oh penerbang tempur kita itu keren seperti ini’ gitu,” jelas pria asal Madiun itu.

Sosok Robi Kustiyo

Robi Kustiyo, TA Juru Shoting Foto Pen Koopsudnas

Photo :
  • Robi Kustiyo

Diketahui bahwa sosok di balik viralnya video kegiatan prajurit TNI AU ini ada Robi Kustiyo Pangestu. Robi lahir di Madiun, qqq14 Maret 1999. Ia dibesarkan di keluarga yang sederhana di Madiun.

Robi Kustiyo menjabat sebagai TA Juru Shoting Foto Pen Koopsudnas di komando operasi udara nasional (koopsudnas) Halim Perdanakusuma.

Ia mengaku masuk TNI AU butuh perjuangan. Robi pernah gagal sebanyak lima kali, yang pada akhirnya tahun 2018 diterima dan tahun berikut dilantik menjadi prajurit TNI Angkatan Udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya