Sering Transaksi Online, Catat 5 Hal Ini Biar Uang Aman di Dunia Maya

Ilustrasi transaksi online.
Sumber :
  • Visa

JAKARTA – Akhir-akhir ini banyak terjadi kasus orang kehilangan uang karena akun mereka diretas atau menjadi korban penipuan. Banyak hal buruk bisa terjadi di dunia maya dan tanggung jawab berada di pundak kita untuk melindungi diri dari hal tersebut.

Bank Mandiri Selektif Cairkan Paylater, Ini Pertimbangannya

Dikutip dari laman India Times, berikut beberapa tips yang wajib Anda ikuti untuk melindungi uang Anda secara online.

1. Jangan pernah menggunakan Wi-Fi atau komputer publik untuk transaksi online atau mentransfer uang.

Jika Lolos Tes Ini, Keamanan Siber Bank di Indonesia Sudah Tangguh

Ilustrasi belanja online

Photo :
  • Pixabay

2. Pasangan firewall dan antivirus yang selalu update. Firewall akan memblokir situs yang membahayakan atau mencurigakan.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

3. Jangan membalas pesan penipuan. Pelaku akan mencoba mendapat informasi pribadi melalui email atau pesan.

4. Nyalakan verifikasi dua langkah

5. Browsing menggunakan mode incognito pada google chrome yang tidak menyimpan passwords atau history, dan mode ini membersihkan semua data cookies dan cache dari perangkat Anda.

Visa menggandeng Xendit sebagai yang pertama menerapkan solusi Visa Token Service (VTS) di Indonesia. VTS adalah platform dasar untuk tokenisasi global. Dengan mengganti nomor kartu Visa dengan token, VTS memungkinkan pengalaman pembayaran digital yang lebih aman dan lebih baik setiap harinya bagi jutaan pelanggan di seluruh dunia. 

Solusi token berfungsi sebagai pengenal alternatif, yang secara efektif menggantikan kebutuhan akan Nomor Rekening Pribadi (PAN) dalam transaksi pembayaran yang aman. Bermitra dengan para pemangku kepentingan utama di seluruh ekosistem pembayaran, termasuk Gerbang Pembayaran, Visa meningkatkan cara membayar, menawarkan sistem keamanan yang lebih baik sehingga pengalaman pembayaran menjadi lancar.

Ilustrasi belanja online.

Photo :
  • Unsplash

“Visa berkomitmen untuk melindungi pemegang kartu dari kejahatan di dunia nyata maupun maya dengan teknologi keamanan pembayaran terbaru. Kami sangat senang dapat bermitra dengan Xendit dalam menghadirkan Visa Token Service ke Indonesia. Kami yakin kolaborasi ini menjadi langkah signifikan untuk mendefinisikan kembali masa depan pembayaran digital yang aman di negara ini. Dengan bekerja sama dengan Xendit, kami tidak hanya meningkatkan keamanan transaksi pembayaran tetapi juga menyediakan pengalaman pembayaran yang mudah dan dapat diandalkan bagi bisnis dan konsumen," kata Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman, dalam keterangan tertulis.

Pengenalan VTS membawa banyak keuntungan bagi konsumen dan bisnis. Dengan sistem keamanan yang ditingkatkan, konsumen dapat yakin bahwa informasi pembayaran mereka dilindungi, mengurangi risiko penipuan dan transaksi tidak sah. Selain itu, VTS meningkatkan keberhasilan pembayaran, memastikan pengalaman pembayaran yang lebih lancar dan andal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya